Debut di China, 'Bumblebee' Terendah di Seri 'Transformers'

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 10:25 WIB
Debut di China, 'Bumblebee' Terendah di Seri 'Transformers' Film 'Bumblebee' mendapatkan performa box office pembuka paling kecil dibanding seri 'Transformers' lainnya di China, namun film ini paling disukai. (Screenshot via Youtube.com (Paramount Pictures))
Jakarta, CNN Indonesia -- Film lepasan Transformers, Bumblebee resmi rilis di China pada akhir pekan lalu. Meski menduduki puncak box office negara tersebut dengan US$58,8 juta, namun perolehan itu justru terendah dari seri Transformers yang pernah tayang di China.

Dilaporkan Variety, sebelum ada Bumblebee, Transformers: The Last Knight mendapatkan US$120 juta pada akhir pekan pembukaannya pada 2017 lalu. Sedangkan Transformers: Age of Extinction pada 2014 mampu mendulang US$92 juta di akhir pekan perilisannya.

Capaian dua film tersebut membuatnya menjadi pembukaan terbesar ke-11 dan 23 terbesar sepanjang masa di China.



Meski tak terlalu memiliki performa kuat seperti pendahulunya, Bumblebee diakui memiliki kekuatan secara kualitas. Penonton film China dikabarkan amat menyukai film ini dengan rating 9,2 dari 10 diberikan untuk Bumblebee di laman Maoyan.

Banyak penonton mengaku merasa gemas dengan Bumblebee dan merasa bahwa film ini juga perlu lebih banyak pemeran wanita. Selain itu, sejumlah ulasan mengaku merasa nostalgia kala menonton film ini.

"Ini mungkin film Transformers yang telah saya tunggu-tunggu," kata seorang pengulas di laman Maoyan.

"Anda benar-benar merasakan sensasi mainan Transformers dari masa kanak-kanak," lanjutnya.


Bumblebee kini telah mengantongi box office sebesar US$289 juta dari seluruh dunia, dengan capaian di pasar domestik Amerika Utara sebesar US$97,1 juta dan pasar internasional sebesar US$192 juta.

Di sisi lain, diberitakan Variety, bersamaan dengan rilisnya Bumblebee, film Creed II yang merupakan lepasan dari serial 'Rocky' mendarat di urutan lima terbawah dengan US$1,7 juta.

Bumblebee dibuat dengan latar waktu 20 tahun sebelum peristiwa di film pertama Transformers (2007), ketika mobil robot kuning itu berlindung di sebuah tempat barang rongsokan di pantai kecil di California. Itu saat ia belum bertemu sahabat manusianya.

Film ini dibintangi oleh Hailee Steinfeld, John Cena, Abby Quinn, Pamela Adlon, Ricardo Hoyos, Gracie Dzienny, John Ortiz, Jorge Lendeborg Jr. dan Jason Drucker.

[Gambas:Youtube] (end)