Aktor Alan Alda Terima Lifetime Achievement di SAG Awards

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 06:26 WIB
Aktor Alan Alda Terima Lifetime Achievement di SAG Awards Aktor Alan Alda akan menerima lifetime achievement di SAG Awards 2019. (Eugene Gologursky/Getty Images for Hamptons International Film Festival/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor senior Alan Alda akan dianugerahi Lifetime Achievement dalam ajang Screen Actor Guild (SAG) Awards 2019 yang digelar 27 Januari mendatang. Sang bintang serial televisi M*A*S*H akan menjadi orang ke-55 yang menerima penghargaan itu.

"Kemampuannya membuat kita tertawa, berpikir, dan merasakan sesuatu, sangatlah hebat. Dari teater ke televisi, film, dan media baru, dedikasi dan bakat Alda dicapai oleh kontribusinya kepada masyarakat," kata Gabtielle Carteris, Presiden SAG-AFTRA.

Tom Hanks didapuk sebagai aktor yang akan memberikan penghargaan untuk Alda di atas panggung. Keduanya sempat berakting bersama dalam film berjudul Bridge of Spies (2015).



Alda terkenal lewat perannya sebagai Kapten Hawkey Pierce dalam serial TV M*A*S*H yang tayang selama 11 tahun, dari 1972 hingga 1983. Lewat serial itu aktor yang genap berusia 80 tahun pada 28 Januari mendatang ini menjadi orang pertama yang memenangi kategori aktor utama, sutradara, dan penulis naskah pada ajang Emmy Award.

Diberitakan The Hollywood Reporter, selain kemenangan beruntun itu, dia pun menjadi satu-satunya aktor yang mendapatkan nominasi Oscar, Tony, dan Emmy Award pada tahun yang sama.

Tahun lalu Alda mengungkapkan bahwa dirinya menderita Parkinson selama empat tahun terakhir. Namun itu tak membuatnya berhenti berkarya di dunia hiburan. Kini, ia bahkan dikabarkan akan menjalankan proyek anyar bersama Scarlett Johanson dan Adam Driver. (nda/rsa)