Cerai dari Bezos, MacKenzie Bakal Jadi Wanita Terkaya Dunia

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 11:56 WIB
Cerai dari Bezos, MacKenzie Bakal Jadi Wanita Terkaya Dunia MacKenzie dan Jeff Bezos (AFP/Jerod Harris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berita perceraian bos Amazon dan pasangan terkaya sedunia Jeff Bezos dan istri yang sudah dinikahinya selama 25 tahun MacKenzie Bezos memang mengejutkan. Perceraian mereka disinyalir disebabkan karena ada perempuan lain di hati Bezos.

Perempuan lain di pernikahan Bezos adalah Lauren Sanchez. Sanchez sendiri adalah perempuan bersuami.

Dalam kasus perceraiannya ini, MacKenzie akan mendapatkan harta gono-gini sekitar Rp972,7 triliun ketika resmi bercerai dari suaminya, Jeff Bezos.



MacKenzie berhak mendapatkan setengah dari US$137 miliar atau Rp1.945 triliun (kurs Rp14.200 per US$), total kekayaan suaminya. 

Dengan jumlah uang sebanyak ini, MacKenzie Bezos diprediksi bakal jadi perempuan terkaya di dunia dengan harta mencapai US$68,5 miliar.

Jumlah ini mengalahkan kekayaan wanita terkaya pertama berdasarkan Forbes 2018, Alice Walton dari Walmart. Dikutip dari Forbes, kekayaannya Walton sendiri mencapai US$46 miliar.

'Kekayaan' ini bakal didapatkan MacKenzie pascaperceraian sekalipun pasangan tersebut tak memiliki perjanjian pranikah. Seperti dilansir Business Insider Singapore, pasangan suami istri terkaya di dunia ini ternyata tidak memiliki perjanjian pranikah sebelumnya. Peraturan tentang harta gono-gini ini diatur oleh hukum Washington.

Washington mengatur warganya yang bercerai harus membagi semua aset dan utang yang didapat selama mereka menikah.

Aturan ini berlaku bagi Jeff dan Mackenzie Bezos karena mereka berasal dari negara bagian Washington dan Amazon, perusahaan yang dibangun bersama, juga berkantor pusat di sana. Pembagian harta dan utang ini juga berlaku ketika warga Washington tidak membuat perjanjian pranikah.

Selain alasan hukum, pembagian harta keduanya ini juga disebut karena tak akan ada Amazon tanpa MacKenzie.

Pasangan ini awalnya bertemu di pengelola investasi global DE Shaw pada 1992.


MacKenzie yang saat itu lulus dari Princeton bekerja sebagai peneliti dan memiliki ruang kerja di samping Jeff, Wakil Presiden, di sana. Keduanya mulai menjalan hubungan tiga bulan kemudian dan menikah pada 1993.

Saat bekerja di sana, keduanya mulai berpikir dan menyiapkan Amazon. MacKenzie sebelumnya menyampaikan kepada CBS dirinya bukan seorang pebisnis sehingga lebih senang mendengarkan semangat serta ide pasangannya membangun perusahaan meski berisiko tinggi.

Pada 1994, keduanya berkeliling Amerika Serikat mencari rumah baru serta mendirikan kantor pusat Amazon, yang sebelumnya hampir dinamai Relentless.com. MacKenzie disebut menjadi seksi sibuk di awal pendirian Amazon. Ia menjadi akuntan pertama Amazon.

Namun, setelah 25 tahun bersama, pasangan ini beberapa hari lalu memutuskan bercerai. Jeff dan MacKenzie telah memiliki empat anak. Keduanya menyatakan akan tetap melanjutkan kebersamaan sebagai teman, orang tua, dan partner. (chri/chs)