Tujuh Bintang K-Pop Batal Dapat Gelar Sarjana karena Curang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 10:19 WIB
Tujuh Bintang K-Pop Batal Dapat Gelar Sarjana karena Curang Gelar sarjana Eunkwang dari boyband BTOB dibatalkan, bersama enam pesohor Korea lain. (Foto: Screenshot via Instagram/@btob_silver_light)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tujuh bintang K-Pop batal mendapatkan gelar sarjana setelah ketahuan berlaku curang. Ketujuh orang tersebut yakni tiga anggota boyband Highlight Lee Gikwang, Yong Junhyun, dan Yoon Doojoon, kemudian dua anggota BTOB Eunkwang dan Yook Sungjae, serta penyanyi Jang Hyunseung dan Chu Ga Yeoul.

Pembatalan gelar itu sendiri ditetapkan oleh pihak Kementerian Pendidikan Korea Selatan usai menemukan adanya sejumlah selebriti yang menerima perlakuan khusus.

Tim Education Trust Restoration Promotion Team dari Kementerian Pendidikan Korsel mengadakan pertemuan pertama mereka pada Senin (14/1) ini untuk membahas hasil pemeriksaan kecurigaan tentang ketidakadilan dan korupsi di Dongshin University dan Busan Kyungsang University. Mereka pun langsung mengumumkan tindakan korektif terkait masalah tersebut.



Menurut laporan dari Kementerian Pendidikan, mereka menemukan adanya pengakuan kehadiran para selebritas di kampus meski sebenarnya tidak datang ke kelas.

Kendati demikian, adanya perlakuan khusus untuk para selebritas itu disebut karena tidak ada peraturan tertulis sebelum 2015, juga peraturan yang melimpahkan untuk pihak universitas dapat mengelola data kehadiran secara berbeda.

Namun kini, Kementerian Pendidikan menetapkan bahwa kehadiran para siswa tersebut tidak dapat diakui.

Secara khusus, terlepas dari masalah aturan itu, penyanyi Chu Ga Yeoul dianggap melanggar karena bertindak sebagai asisten profesor untuk Department of Applied Music tanpa memiliki gelar sarjana dan secara bersamaan tercatat menghadiri Department of Broadcasting and Entertainment sebagai mahasiswa.


Telah dipastikan, bahwa Ga Yeoul tidak dapat mengikuti kelas sejak dia seharusnya mengajar kuliah karena waktunya sebagai seorang siswa dan asisten profesor saling tumpang tindih. Akibat itu, ia tak hanya batal mendapat gelar sarjana tapi posisinya sebagai asisten profesor pun akan dibatalkan.

Mengutip Soompi, Kementerian Pendidikan pun telah memutuskan untuk membatalkan gelar ketujuh bintang K-Pop tersebut. Sementara, untuk pihak staf administrasi di Universitas Dongshin, telah diminta agar satu orang menerima tindakan disipliner berat, sembilan orang menerima tindakan disipliner sedang, dan enam orang menerima peringatan. (agn/rea)