Alicia Keys Jadi Pembawa Acara Grammy Awards 2019

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 09:49 WIB
Alicia Keys Jadi Pembawa Acara Grammy Awards 2019 Alicia Keys. (REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi R&B Alicia Keys terpilih menjadi pembawa acara Grammy Awards 2019 yang akan digelar 10 Februari mendatang waktu Amerika Serikat.

Musisi yang telah membawa pulang 15 piala Grammy tersebut mengumumkan hal itu melalui sebuah video yang diunggah di media sosialnya.

"Saya tahu rasanya di atas panggung, dan saya tahu rasanya bangga akan karya yang kau ciptakan dan dikenal karenanya," kata Keys dalam video tersebut.


"Saya merasa ini merupakan kesempatan sempurna bagi saya memberikan kepedulian dan mengangkat yang lain, terutama semua wanita muda yang dinominasikan," tambahnya.

"Bagi saya, ini seperti persaudaraan," lanjutnya.


Dengan terpilihnya Keys, ia menggantikan James Corden yang menjadi pemandu Grammy Awards selama dua tahun terakhir.

Sejak merilis album debut 'Songs in A Minor' pada 2001, Keys yang telah berlatih musik klasik sejak anak-anak ini sudah menjual lebih dari 30 juta rekaman dan menjadi produser film, televisi, dan Broadway yang sukses.

Terpilihnya Alicia Keys menjadi pemandu acara Grammy Awards terjadi setelah the Recording Academy selaku penyelenggara menuai kritikan pada tahun lalu atas nuansa yang terlalu maskulin dan dominasi kulit putih.

[Gambas:Instagram]

Kepala Recording Academy, Neil Portnow mengatakan pada Mei lalu dia akan mulai bersiap meninggalkan lembaga tersebut mengingat kontraknya usai pada akhir tahun ini. Dia sendiri menanggapi kritikan pada tahun lalu dengan mengatakan musisi wanita lah yang mestinya "unjuk gigi".

"Seorang musisi dinamis dengan kombinasi langka terobosan bakat dan semangat untuk karyanya, Alicia Keys adalah pilihan sempurna sebagai pemandu untuk acara kami," kata Portnow dalam pernyataannya.

Pada 7 Desember lalu, pihak Recording Academy telah mengumumkan nominasi untuk Grammy Awards 2019.


Tahun ini, sejumlah lagu yang dibuat menjadi latar film tampak mendapatkan perhatian khusus. Kendrick Lamar melalui album Black Panther: The Album mendapatkan delapan nominasi.

Selain itu, Lady Gaga juga mendapatkan lima nominasi, empat di antaranya berkat album A Star Is Born yang ia buat untuk melengkapi film bertajuk serupa, serta satu nominasi dari album terakhirnya, Joanne.

Di sisi lain, Drake menjadi musisi kedua yang mendapatkan nominasi paling banyak dengan tujuh nominasi, Cardi B dengan lima nominasi termasuk Album of the Year dan Record of the Year.

Nominasi lengkap Grammy Awards 2019 dapat dilihat di sini.

[Gambas:Youtube] (end)