Java Jazz 2019 Dimeriahkan TOTO, H.E.R dan Raveena

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 10:46 WIB
Java Jazz 2019 Dimeriahkan TOTO, H.E.R dan Raveena H.E.R. (Jerritt Clark/Getty Images for MWP Entertainment Group/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Java Jazz Festival (JJF) akan kembali digelar pada 1 hingga 3 Maret mendatang di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran. Ini merupakan kali ke-15 gelaran musik itu.

Seperti pada tahun sebelumnya, JJF ke-15 ini akan membawa beragam musisi lintas genre. Band lawas TOTO, grup musik H.E.R, serta penyanyi pop Raveena ditetapkan sebagai pengisi pertunjukan khusus atau 'Special Show.'

Tahun ini, JJF mengusung konsep bernuansa Broadway dan Motown dengan tema 'Music Unites Us All,' karena musik dianggap tidak mengenal latar belakang dan semua bisa menikmatinya bersama-sama.



"Java Jazz tahun ini menginjak usia ke-15, di mana bagi kami setiap kelipatan lima tahun itu merupakan momen yang berarti. Untuk itu, kami mengusung konsep broadway yang mana itu sebuah pertunjukan live yang megah, sedangkan motown secara musikalitas lebar sekali, jadi nanti ada teman-teman yang membawakan jenis musik itu," papar Dewi Gontha, selaku Direktur Utama Java Festival Production dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (16/1).

Program Director Nikita Dompas memaparkan alasan dipilihnya para penampil 'Special Show.' Pertimbangan utamanya, katanya, adalah keberagaman genre serta generasi.

"Band legendaris TOTO datang dengan member asli yang tersisa. Kemudian, Java Jazz memang memberi kesempatan untuk pendatang baru mengisi Special Show, dan tahun ini ada Raveena," tuturnya menjelaskan.


Sementara H.E.R dipilih karena mewakili generasi millennial. "Mereka juga tercatat mendapat lima nominasi Grammy," ia menambahkan.

Selain ketiga penampil utama tersebut, JJF tahun ini juga dimeriahkan sejumlah musisi internasional seperti grup R+R=NOW, Allen Hinds & L.A Super Soul, Bob James Trio, Cyrus Chestnut Trio, Donny McCaslin, Gogo Penguin, Masego, The Funny Knuckles, The Soul Rebels, dan lainnya.

Dari Indonesia, ada penampilan sekitar 70 musisi seperti Andien, Ardhito Pramono, Barry Likumahuwa Tribute to Roy Hargrove, Endah N Rhesa Extended, Idang Rasjidi & The Syndicate, Isyana Sarasvati, Kunto Aji, Parkdrive, Teddy Adhitya, serta ZAD (Zendhy Kusuma, Andra Ramadhan, Denny Chasmala).


Harga tiket Java Jazz Festival dijual di laman resminya sebesar Rp750 ribu per hari dan Rp1,76 juta untuk tiga hari.

Untuk dapat menyaksikan 'Special Show,' penonton harus membayar tambahan sebesar Rp355 ribu untuk penampilan TOTO, Rp175 ribu untuk H.E.R, dan Rp125 ribu untuk Raveena. (agn/rsa)