Banksy Diduga Goreskan Karya di Tokyo

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 06:49 WIB
Banksy Diduga Goreskan Karya di Tokyo Salah satu lukisan Banksy dengan karakter tikus. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah coretan yang diduga karya Banksy ditemukan di Tokyo, Jepang. Namun Negeri Matahari Terbit masih berusaha memastikan bahwa semprotan cat yang ditorehkan di dekat salah satu stasiun kereta itu benar-benar karya sang seniman jalanan nan misterius.

Coretan itu sendiri bergambar seekor tikus yang memegang payung.

"Kami menyadari ada sebuah lukisan tikus yang dilukis dengan semprotan cat di pintu dekat stasiun Hinode di pusat Tokyo. Kami pikir ada kemungkinan bahwa itu dilakukan oleh Banksy," kata salah seorang aparat pemerintah, Koji Sugiyama kepada AFP.



Karakter lukisan itu seperti Banksy. Selama ini sang seniman sering menggambar tikus dengan berbagai kondisi. Kali ini tikus itu berpayung.

Sebelumnya Banksy juga sudah pernah melukis tikus berpayung, namun di media yang berbeda.

Penemuan lukisan yang diduga karya Banksy itu juga disampaikan oleh Gubernur Tokyo, Yuriko Koike melalui akun Twitter-nya. Ia menyebut lukisan itu 'hadiah' dari Banksy untuk kotanya.

Lukisan berharga itu pun langsung diamankan. Pemerintah memindahkannya ke tempat penyimpanan khusus pada Rabu (16/1) karena pintu yang dilukis sejatinya didesain untuk menghalau banjir ketika gelombang tinggi datang.



Dikhawatirkan, lukisan akan rusak jika air benar-benar menggenangi pintu.

Hingga saat ini, mengutip AFP, belum diketahui kapan lukisan itu ditemukan. Ada sumber yang menyebut bahwa lukisan itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Beberapa unggahan di media sosial yang bertanggal beberapa tahun lalu, mendukung itu.

Namun menurut petugas di tempat pengarsipan, pemerintah Tokyo baru menyadarinya Desember lalu karena ada masyarakat yang melapor. Pemerintah ingin memverifikasi apakah itu lukisan Banksy asli, namun belum tahu apakah ada ahli seni yang mumpuni untuk itu.

[Gambas:Video CNN]

Banksy merupakan seniman jalanan asal Inggris yang sering meninggalkan jejak lukisan secara acak. Biasanya lukisannya berupa suara atau kritik terhadap kondisi aktual, seperti masalah imigran. Hanya segelintir kawan dekatnya yang tahu identitas asli Banksy. (rsa)