SuJu, EXO, SNSD dan SHINee Serentak 'Guncang' Amerika Selatan

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 10:51 WIB
SuJu, EXO, SNSD dan SHINee Serentak 'Guncang' Amerika Selatan Super Junior dan artis SM Entertainment lain gelar konser pertama di Amerika Selatan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Artis-artis Korea di bawah naungan agensi SM Entertainment mengguncang Amerika Selatan, akhir pekan lalu. Mereka menggelar konser gabungan di Santiago, Chili dan disambut antusiasme yang luar biasa. Itu disampaikan sang agensi langsung, Senin (21/1).

Konser itu diberi tajuk 'SMTOWN SPECIAL STAGE in Santiago,' digelar di Estadio Nacional, Jumat sampai Sabtu lalu. Estadio Nacional merupakan panggung konser terbesar di sana.

Artis-artis andalan SM Entertainment 'tumplek-blek' menjadi satu, termasuk BoA, Super Junior, EXO, Red Velvet, NCT 127 dan NCT Dream, juga Yuri dan Hyeyeon dari SNSD. Tak ketinggalan adalah Key dan Taemin dari SHINee, serta Amber dari grup f(x).



Hyoyeon membuka konser di Chili itu dengan seperangkat peralatan DJ, yang kemudian diikuti penampilan dari BoA, Super Junior, EXO, dan Red Velvet. Lagu-lagu hit seperti Woman, One More Time, Love Shot, dan Really Bad Boy pun berkumandang dan disambut meriah.

Untuk mendekatkan diri dengan penonton di sana, Super Junior secara mengejutkan membawakan Ahora Te Puedes Marchar. Itu merupakan lagu yang populer di Amerika Selatan dan dinyanyikan penyanyi setempat, Luis Miguel. Tak ayal, lagu itu pun menarik hati penonton.

'SMTOWN SPECIAL STAGE in Santiago' adalah konser SM Entertainment pertama yang digelar di Amerika Selatan. Seperti banyak negara lain, Chili rupanya termasuk penggemar K-Pop.


Konser serupa yang dijuduli 'SMTOWN Live' memang digelar SM Entertainment dengan berkeliling ke banyak negara sejak 2008. Mereka membawa artis-artis andalannya.

Negara yang sudah dikunjungi antara lain New York, Paris, Tokyo, Beijing, Bangkok, Singapura, dan Dubai. Acara itu pun menjadi magnet bagi ratusan jurnalis internasional.

Mengutip Yonhap, penggemar hallyu memang meningkat di seluruh dunia. Per akhir tahun lalu, menurut catatan sebuah yayasan yang berafiliasi dengan pemerintah Korea, ada hampir 90 juta penggemar hallyu global. Mereka terbagi dalam 1.843 klub penggemar di 113 negara.


Asia dan Oceania adalah negara basis paling banyak penggemar. Kontinen itu memiliki 457 klub penggemar yang secara total isinya 70,59 juta. Mengejutkan, penggemar Korea di Amerika Selatan dan Utara ternyata juga banyak, ada 11,8 juta orang dari 712 klub.

Di Eropa ada 534 klub penggemar yang isinya 6,57 juta orang. Sementara di Afrika dan Timur Tengah ada 140 klub penggemar yang berisi sekitar 230 ribu orang. (rsa)