Mendiang Vokalis The Cranberries Bakal Dijadikan Patung

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 03:25 WIB
Mendiang Vokalis The Cranberries Bakal Dijadikan Patung Dolores O'Riordan semasa hidup. (Foto: AFP PHOTO / GUILLAUME SOUVANT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendiang vokalis band Irlandia yang berpengaruh besar terhadap perkembangan musik aternatif tahun 1990-an, The Cranberries, akan ditetapkan dalam wujud patung.

Dolores O'Riordan ditemukan meninggal dunia pada 15 Januari lalu di usia 46 tahun. Tidak ada laporan otopsi yang menjelaskan kondisi sesungguhnya, namun O'Riordan dikatakan meninggal di dalam bak mandi di sebuah kamar hotel sewaannya.

Ketika diteliti, darah O'Riordan mengandung alkohol yang cukup tinggi. Diduga, itulah penyebab meninggalnya.


Setahun kemudian, The Cranberries yang menyisakan hanya tiga personel sepeninggal O'Riordan merilis sebuah lagu baru bertajuk All Over Now sebagai bagian dari album final band pemilik hit Linger tersebut.


Kini, dilansir dari Aceshowbiz, O'Riordan disebutkan akan mendapat penghargaan dalam bentuk lain, yaitu diabadikan dalam bentuk patung di kota kelahirannya, Limerick, Irlandia.

Ibu O'Riordan, Eileen, terdengar agak bingung namun juga gembira mendengar berita tersebut. "Patung itu berarti akan ada selamanya kan?
Patung itu akan ada di sana bahkan ketika kita semua sudah pergi [meninggal]. Saya suka ide itu," ujarnya.

Wali Kota Daniel Butler berencana memberi nama alun-alun publik baru yang akan digunakan untuk acara-acara seni dengan nama O'Riordan, di mana ia mengusulkan peletakan patung berbentuk sofa seperti yang beberapa kali muncul dalam sampul album The Cranberries.

Bagaimanapun, sang Wali Kota menyarankan Mike Hogan, Noel Hogan dan Fergal Lawler, tiga personel yang tersisa, serta pihak keluarga O'Riordan untuk mendiskusikan bentuk kenangan yang mereka inginkan untuk mendiang.


Eileen sang ibu mengungkapkan dirinya pernah membicarakan soal museum dengan para personel yang ditinggalkan. Namun di saat bersamaan, ia juga mengkhawatirkan kerepotan mengurus sebuah museum.

"Saya berbicara dengan para cowok dan mereka bilang kami harus melakukan sesuatu, semua orang memikirkan sesuatu. Pada akhirnya, jika kami memili sebuah museum, siapa yang akan merawatnya," kata Eileen O'Riordan.

Sang ibu pun menyebut ide Wali Kota tentang patung berbentuk sofa itu sebagai 'ide bagus'.



Dalam unggahan Instagram terbaru di akhir minggu lalu, The Cranberries jelang rilis album final, mereka berkata, "Seiring waktu berjalan, kami mulai berpikir tentang bagaimana cara kami menghormati seorang teman dekat dan kawan satu band kami. Ini sebuah proses yang sangat menyakitkan." (rea)