'Omelan' Eminem Antarkan Sukses di 2018

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 08:25 WIB
'Omelan' Eminem Antarkan Sukses di 2018 Kemarahan Eminem mengantarnya pada kesuksesan. (Foto: REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Eminem mencatatkan prestasi manis di 2018. Sekalipun ia suka marah-marah di album Kamikaze, namun album tersebut terjual 500 ribu kopi hanya di Amerika saja.

Eminem menjadi satu-satunya artis yang meraih hal tersebut, mengingat Kamikaze baru rilis pada Agustus lalu, hanya sembilan bulan sejak ia melepas Revival.

Kamikaze memulai debut dengan menduduki puncak tangga lagu Billboard 200 setelah 'mengamankan' 434 ribu kopi di minggu pertamanya, dengan 252 ribu fisik terjual dan 225,5 juta kali streaming.


Menutup 2018, Em tercatat sebagai artis yang berhasil menjual 500 ribu album fisik. Di tengah arus teknologi dengan segala platform streaming musik, prestasi ini tak bisa dianggap remeh.


Saat ini, penjualan Kamikaze yang melampaui 500 ribu tadi hanya dikalahkan oleh album tema film A Star Is Born yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper. Namun jika ditambah dengan katalog albumnya, ia adalah artis dengan penjualan terbanyak sepanjang 2018.

Em juga masih memegang status sebagai rapper terlaris sepanjang masa.

Di daftar Top Artists By Album Sales, Em diikuti oleh boyband Korea BTS, Chris Stapleton dan Metallica. The Beatles, Queen serta Justin Timberlake juga masuk daftar yang sama.

Mengingat ini baru awal 2019, bisa jadi Em meraih lebih banyak kesuksesan dengan proyek kolaborasinya dengan 50 Cent.


Ketika Kamikaze keluar, dunia terguncang. Album tersebut rilis tanpa pengumuman apapun, dijatuhkan seperti bom atom, dan banyak berisi celaan terhadap banyak pesohor lain.

Misalnya saja, Not Alike yang menyindir rapper Machine Gun Kelly. Seteru ini berlanjut cukup panjang dengan lempar-melempar lagu diss, namun tiba-tiba berakhir begitu saja, membuat publik menduga seteru ini hanyalah drama.

Selain itu, Presiden Donald Trump tak luput dari cacian Em. Juga Drake, Tyler The Creator, dan penghargaan bergengsi Grammy, yang dimaki Em dalam Fall dengan, "Then tell the Grammys to go and f*ck themselves, they suck the blood from all the biggest artists like some leeches. So they nominate 'em, get 'em there, get a name to 'em. See the show, every parasite needs a host." (rea)