ABBA Tunda Perilisan Lagu Baru Hingga Akhir Tahun

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 17:03 WIB
ABBA Tunda Perilisan Lagu Baru Hingga Akhir Tahun Grup veteran ABBA yang masih terus berkarya. (Foto: REUTERS/Suzanne Plunkett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar grup lawas ABBA harus menunggu lebih lama untuk bisa mendengar lagu baru sang idola. Pasalnya, rencana perilisan lagu baru yang sudah digaungkan sejak April tahun lalu ini kemungkinan ditunda hingga akhir tahun 2019.

Perwakilan untuk grup asal Swedia tersebut mengungkapkan bahwa lagu yang diberi judul I Still Have Faith in You dan Don't Shut Me Down mungkin tidak akan dirilis sampai musim gugur mendatang, antara September hingga November.

"Tidak akan dirilis sebelum musim panas. Semoga pada musim gugur ini," kata representatif ABBA, dikutip dari Aceshowbiz.


Meski demikian, pihak perwakilan ABBA tidak memberikan penjelasan terkait alasan penundaannya. Hanya saja, salah seorang anggota grup ini Benny Andersson mengisyaratkan bahwa itu karena masalah hukum.


"Kami masih berusaha untuk membuat kesepakatan yang perlu dilakukan untuk dapat melanjutkan. Kami dalam keadaan baik. Itu hanyalah sisi lain dari semua yang harus dilakukan, semua yang harus diputuskan. Itu ditunda. Dan ini bukan tugas kami," katanya.

Di samping itu, grup ABBA saat ini dilaporkan tengah melakukan persiapan untuk proyek tur konser 'Virtual ABBA' yang direncanakan berjalan 2019 ini usai grup asal Swedia ini memutuskan untuk reuni pada tahun lalu.

"Keputusan untuk melanjutkan proyek tur avatar ABBA yang menarik memiliki konsekuensi yang tidak terduga," demikian pernyataan dari ABBA di Instagram.

"Kami semua merasa bahwa setelah sekitar 35 tahun, akan menyenangkan untuk bergabung lagi dan pergi ke studio rekaman. Jadi kami melakukannya. Dan itu seperti waktu telah berhenti dan kami hanya pergi berlibur singkat. Sebuah pengalaman yang amat menyenangkan," tambahnya lebih lanjut.


ABBA dibentuk di Swedia pada 1972. pernah menjuarai Eurovision Song Contest di Brighton, Inggris Raya, pada 1974. Lagu-lagu mereka yang terkenal, antara lain Mamma Mia, Dancing Queen, Money Money Money.

Sejak memutuskan bubar, pada 1982, mereka mengatakan tak akan menggelar konser reuni. Bubarnya ABBA dipicu perceraian keempat personel yang memang terdiri dari dua pasang suami istri.

Bubarnya ABBA ditandai lagu The Winner Takes it All yang fenomenal. Terakhir kali, ABBA merilis album musik kompilasi ABBA Gold (1992) yang laris 29 juta kopi di Inggris Raya.

Namun di tahun 2016 lalu, sebuah panggung reuni ABBA digelar di Stockholm. Reuni ini dilakukan dalam rangka pembukaan restoran milik Ulvaeus. (agn/rea)