Green Day Menjual Instrumen Bekas Pakai Penuh Sejarah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 10:33 WIB
Green Day Menjual Instrumen Bekas Pakai Penuh Sejarah Green Day memutuskan jadi 'penjual' sementara ini. (Foto: REUTERS/Aaron Josefczyk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trio Green Day menjual instrumen-instrumen lama mereka untuk memberi kesempatan kepada band-band baru agar memiliki kesempatan bermusik lebih besar.

Band pop punk yang tahun ini merayakan 25 tahun rekaman legendaris 'Dookie' disebut bergabung dengan marketplace Reverb.com untuk menjual lebih dari 100 instrumen yang sudah pernah digunakan sepanjang karir Green Day.

Billie Joe Armstrong sang vokalis dan gitaris, memasukkan hampir 50 gitar yang siap dimiliki oleh tuan baru, sementara drummer Tre Cool menjual lima drum set dan ratusan snare.


Kebanyakan dari peralatan ini pernah digunakan saat manggung atau dalam sesi rekaman di studio.


"Setiap gitar punya karakter masing-masing," ujar Armstrong, dilansir NME.

"Setiap satu gitar merefleksikan siapa dirimu, penulis lagu seperti apa kamu, gitaris seperti apa dirimu. Gitar yang telah dipakai, dengan cara tertentu, memiliki sejarah," lanjutnya.

"Saya suka melihat karakter yang bisa kamu lihat dari goresan-goresan akibat pemakaian. Setelah 30 tahun mengoleksi gitar dan banyak barang bagus, saya harus menjual beberapa di antaranya," kata pria yang pernah sempat populer tampil dengan eyeliner warna hitam itu.


"Jika kamu menimbun barang cukup lama, mereka menyebutmu sebagai kolektor. Jadi saya menjual beberapa koleksi saya. Saya tidak akan hanya duduk menghakimi apakah kamu akan bisa memainkannya," ucap Cool, menambahkan rekannya.

"Saya belum pernah benar-benar menjual apapun, ini adalah kali pertama saya. Psikiater saya bilang saya harus melakukannya," katanya.

Terlepas kalimat tersebut adalah canda atau bukan, Cool kembali menegaskan keseriusannya. "Saya berharap siapapun yang membeli barang-barang ini bisa menikmatinya, memainkannya di atas panggung atau memakainya di dalam studio," ujarnya.

"Saya harap mereka [barang yang telah dibeli] tidak hanya tergeletak begitu saja dan jadi berdebu," lanjutnya.


Beberapa instrumen Green Day yang masuk daftar adalah sebagai berikut:

- Gibson Les Paul Gold Top Guitar keluaran 1958, jenis langka yang kerap jadi favorit Armstrong untuk dimainkan di panggung

- Gibson ES-140T Electric Guitar keluaran 1950-an, dipakai Armstrong dalam bus tur saat Tour American Idiot.

- Yellow Gibson Les Paul Junior Guitar tahun 2011 yang dihancurkan Armstrong dalam penampilan di iHeartRadio Music Festival pada 2012. Telah diperbaiki dan siap dipakai.

- Gibson ES-125 TCD Electric Guitar tahun 1950-an yang dipakai dalam berbagai tur seperti 21st Century Breakdown, Uno, Dos, Tres! dan Revolution Radio.


- OCDP Silver Sparkle Drum Kit yang dibakar Cool dalam salah satu pementasan di tur Pop Disaster pada 2002. Benda ini masih persis seperti setelah dibakar, penuh abu dan jelaga.

- Ayotte Green Stain Maple Drum Kit yang dipakai di Insomniac Tour pada 1995.

- Slingerland Spitfire Tré Cool Signature Drum Kit yang masih benar-benar baru, sekitar di awal tahun 2000-an. Cool memutuskan menyimpannya karena beranggapan mungkin satu-satunya yang masih ada di Bumi ini.

The Official Green Day Reverb Shop akan siaran langsung pada 7 Februari mendatang. (rea)