Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Dituduh Lakukan Pelecehan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 14:50 WIB
Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Dituduh Lakukan Pelecehan Bryan Singer, sutradara yang memimpin 'setengah' film 'Bohemian Rhapsody'. (Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara film Bohemian Rhapsody, Bryan Singer dikabarkan terlibat dalam kasus pelecehan seksual.

Hal itu diungkap di sebuah majalah Amerika Atlantic, setelah majalah itu menyelidiki kasus tersebut selama 12 bulan.

Diberitakan klaim datang dari empat orang pria yang mengaku dilecehkan secara seksual oleh Singer. Mereka menyebut tindakan itu dilakukan saat mereka masih di bawah umur.


Melansir NME, pria pertama bernama Victor Valdovinos mengaku dirinya sedang terlibat sebagai kru tambahan dalam Apt Pupil, film yang disutradarai oleh Singer. Saat itulah, tepatnya di ruang ganti, ia mendapatkan perlakuan tak pantas.


Dua pria lain dengan nama samaran Eric dan Andy menyatakan mereka dilecehkan ketika berumur 15 tahun. Sementara pria terakhir bernama Ben mengaku sutradara kelahiran 1965 tersebut pernah melakukan seks oral dengannya ketika dia berumur 17-18 tahun.

Pihak Atlantic disebut telah melakukan wawancara kepada 50 sumber berbeda. Banyak dari sumber itu mengatakan kalau pengalaman mengerikan itu membuat mereka mengalami gangguan psikis dengan masalah penyalahgunaan obat-obatan, depresi, dan PTSD.

Namun, perwakilan hukum Singer Andrew Brettler membantah tuduhan itu. Brettler mengatakan Singer tidak pernah ditangkap atau didakwa akibat kejahatan apa pun.

Dengan tegas ia menyangkal Singer berhubungan seks atau memiliki kecenderungan untuk melakukan hal tersebut terhadap pria di bawah umur.


Bohemian Rhapsody, film peraih dua piala Golden Globe Awards 2019 itu sempat menimbulkan sedikit cerita dalam hidup Singer. Dirinya dipecat dari proyek itu sebelum dua pekan produksinya rampung, dan Dexter Fletcher ditunjuk menggantikannya.

Singer dipecat dengan alasan tidak profesional karena tidak melanjutkan Bohemian Rhapsody setelah momen Thanksgiving tahun 2017.

Namun Singer mengatakan alasan dirinya tidak melanjutkan proyek itu karena faktor kesehatan dirinya dan orang tuanya.

Beberapa rumor pun muncul terkait kemangkiran Singer. Ada yang menyebut, ia terlibat cekcok dengan pemeran Freddie Mercury, Rami Malek.


Singer kemudian membantah rumor itu tidak benar. "Rumor tentang kepergian saya dipicu oleh perselisihan dengan Rami Malek tidak benar, meski memang terkadang kami memiliki perbedaan pandangan kreatif," katanya.

"Saya dan Malek berhasil mengatasi perbedaan itu dan kami dapat melanjutkan film bersama sampai sebelum perayaan Thanksgiving," lanjutnya.

Meski demikian, Bohemian Rhapsody tetap menampilkan nama Singer sebagai sutradara di kredit film itu.

Singer yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang perfilman memulai kariernya dengan mengarahkan film pendek di tahun 1988 berjudul Lion's Den. Dia terkenal menyutradarai film hit X-Men, film yang berhasil mengantarkannya menjadi sutradara terbaik dalam Empire Awards tahun 2001. (nda/rea)