Putar 'Stairway to Heaven' 24 Jam, Radio Digerebek Polisi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 08:26 WIB
Putar 'Stairway to Heaven' 24 Jam, Radio Digerebek Polisi Jimmy Page, gitaris Led Zeppelin. (Foto: REUTERS/Hans Deryk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu lagu ikonis dari band legendaris Led Zeppelin, banyak orang menyukai Stairway to Heaven, atau setidaknya merasa familiar dengan nadanya.

Cerita ini memang sudah lama, namun masih layak dituturkan. Pada Januari 1991, radio KLSK-FM di Albuquerque memutuskan mencoba sebuah eksperimen. Mereka yang memang mengkhususkan diri memutar musik New Age sampai rock klasik, memasang lagu Stairway to Heaven selama 24 jam penuh.

Tentu, pendengar jadi kebingungan. Polisi setempat pun ditelepon untuk diminta mengecek, dan pihak berwajib menurutinya. Bahkan dua kali mereka pergi ke stasiun radio tersebut.


Mengutip Music History Calendar, polisi disebutkan datang membawa senjata api setelah seorang pendengar melaporkan bahwa sang DJ tampaknya terkena serangan jantung dan karena pada saat itu adalah tahun 1991, ada kekhawatiran mengenai Perang Teluk.


Ditakutkan, sang DJ berada di bawah sandera atau stasiun radio tersebut sedang dibajak oleh teroris, mengingat Saddam Hussein adalah penggemar Led Zeppelin.

Baru kemudian diketahui, hal itu semata-mata atas keinginan sang pemilik stasiun, John Sebastian.

"Saya rasa semua itu benar. Memang seperti itu kejadiannya," ujar Sebastian saat dihubungi Ultimate Classic Rock, baru-baru ini.

Menurut Sebastian, tidak hanya sekali polisi datang ke stasiun radionya. "Saya pikir mereka datang dua kali. Saya tidak benar-benar ingat rumornya berkata apa. Ada banyak rumor, yang mana membuat idenya jadi sempurna, pemberitaan dari mulut ke mulut," katanya.

Sebastian menyatakan, saat itu ia sedang mengetes pasar lantaran KLSK memiliki audiens kecil dan berdedikasi pada musik New Age.


Apa yang mereka butuhkan, selain daripada daftar lagu selain New Age dan rock klasik, ada sejenis insiden yang akan membuat KLSK diingat. Dan mereka mendapatkannya.

Pemutaran lagu Stairway itu, menurut Sebastian, "menyebarkan berita begitu cepat sehingga meskipun kami memiliki setengah sinyal dibandingkan stasiun radio Albuquerque lainnya, peringkat kami tetap melonjak tajam."

"Hal itu sangat membantu kami melangkah dengan yakin, hanya dengan melakukan sesuatu yang radikal seperti memainkan Stairway to Heaven berulang kali," lanjutnya.

Stairway to Heaven adalah lagu klasik milik band Inggris Led Zeppelin yang dirilis pada 1971. Lagu ini kerap disebut sebagai lagu rock terbaik sepanjang masa, dengan tiga sesi di dalamnya termasuk permainan tempo, volume dan progresivitas, serta gaya acapella yang menutup lagu.

Tak perlu diragukan lagi, Stairway to Heaven merupakan salah satu paling sukses di muka bumi.

[Gambas:Youtube] (rea)