Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Jawab Tuduhan Pelecehan Seksual

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 13:36 WIB
Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Jawab Tuduhan Pelecehan Seksual Bryan Singer sutradara 'Bohemian Rhapsody' tersandung kasus pelecehan seksual. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Bohemian Rhapsody Bryan Singer akhirnya buka suara atas tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan kepadanya. Dalam pesan kepada Deadline ia mengaku upaya membuatnya 'tersandung' dengan tudingan pelecehan seksual sebenarnya sudah ada sejak lama.

Kata Singer, majalah Esquire pernah menyiapkan artikel serupa yang ditulis oleh jurnalis yang disebutnya "homofobia." Namun artikel itu tak jadi tayang setelah serangkaian cek fakta yang mendalam. Sumber-sumber yang diwawancara jurnalis itu juga dirasa kurang kredibel.

"Tapi itu tidak menghentikan sang penulis untuk menjualnya ke The Atlantic," tulis Singer.



Melalui The Atlantic lah ia disebut melecehkan empat pria secara seksual, bahkan saat mereka di bawah umur. Ada yang mengaku diajak berhubungan intim saat usianya masih 17 tahun. Ada yang disebut melakukan seks oral, bahkan ada yang dilecehkan di lokasi syuting.

Singer menyayangkan The Atlantic yang tidak mengecek ulang standar jurnalisme yang disebutnya "rendah" itu. "Lagi, saya dipaksa mengulang untuk membicarakan kembali klaim cerita ini dari perkara hukum palsu yang diajukan oleh orang-orang tanpa reputasi yang mau berbohong demi uang atau perhatian," demikian Singer menulis dalam pesannya.

Dengan kemenangan Bohemian Rhapsody di beberapa ajang penghargaan termasuk Golden Globe Awards 2019, lanjutnya, tidak mengejutkan bahwa cerita itu semakin mendapat perhatian. Menurutnya mereka hanya mengambil kesempatan dari kesuksesan biopik band Queen itu.


The Atlantic sendiri mengaku sudah menghabiskan 12 bulan untuk menginvestigasi kasus pelecehan seksual yang dilakukan Singer. Mereka juga mewawancarai lebih dari 50 sumber. Mereka yang diwawancara, mengutip Deadline, mengaku depresi usai kejadian itu.

Sebelumnya, Singer pernah diadukan ke hukum oleh Cesar Sanchez-Guzman, pada 2017 lalu. Ia mengaku diperkosa oleh sang sutradara di sebuah yacht pada 2003. Kasusnya masih tertunda.

Singer tidak menyutradarai Bohemian Rhapsody sepenuhnya. Ia dipecat dua pekan sebelum produksi rampung pada Desember 2017. Namanya masih tercatat sebagai sutradara, namun ia tak ikut naik ke atas panggung saat Bohemian Rhapsody juara Drama Terbaik Golden Globes. (rsa)