Laris di Pasaran, Hak Cipta 'Baby Shark' Masih Jadi Misteri

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/01/2019 20:37 WIB
Polemik berkepanjangan mengikuti kesuksesan serial anak-anak 'Baby Shark'. Meski amat sukses, ternyata lagu tema 'Baby Shark' menjadi masalah. (Foto: Dok. Pinkfong via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baby Shark telah menjadi hit global tapi hak cipta atas lagu itu masih menjadi misteri bahkan polemik. Lagu anak-anak yang dipopulerkan oleh Pinkfong saat ini berada di Top 10 tangga musik Inggris dan Hot 100 Billboard. Selama beberapa waktu belakangan, lagu itu pun menjadi tren di media sosial bahkan diikuti sejumlah bintang pop seperti Cardi B.

Atas kepopuleran tersebut, hak cipta lagu itu pun kini menjadi pusat perselisihan antara sejumlah pihak yang mengaku telah menulis komposisi asli.

Salah seorang musisi yang konsen pada musik anak-anak, Johnny Only, mengajukan keluhan hak cipta ke pengadilan Seoul atas lagu versi Pinkfong (2016). Dia menyebut versi Pinkfong memiliki terlalu banyak kesamaan dengan versinya yang diunggah ke saluran Youtube-nya pada 2011


[Gambas:Youtube]


Sementara, dikutip NME, band Korea Selatan Pinkfong menyatakan bahwa lagu itu berasal dari sajak anak-anak. Mereka mengklaim tak mengambil inspirasi dari artis lain manapun.

Band yang berfokus pada musik sebagai pendidikan membagikan lagu itu pertama kali pada 2015. Setahun setelahnya, mereka kemudian mengunggah versi remix dari lagu tersebut di saluran YouTube-nya, yang hingga saat ini telah diputar lebih dari 2,2 miliar kali.

Menurut SmartStudy, perusahaan di balik Pinkfong, melodi inti pada kedua versi yang dikeluarkannya kini telah diadaptasi menjadi lebih dari 100 versi dalam 11 bahasa yang berbeda. Nada itu sendiri, kata SmartStudy, berasal dari nyanyian lama yang muncul sejak puluhan tahun lalu tersebar ke berbagai sumber.

[Gambas:Youtube]


Selain itu, adapula versi tarian Jerman 'Baby Shark' ('Kleiner Hai') yang telah populer pada 2007. Komposer Alexandra Müller mengatakan kepada Vulture bahwa ia telah menyanyikan lagu itu selama hampir 20 tahun.

"Ini adalah lagu anak-anak yang populer di Jerman. Kami tidak pernah tahu dari mana asalnya. Kami memeriksa haknya dan itu adalah hukum publik, seperti lagu Natal, jadi tidak ada royalti," katanya.

Hanya saja, belum ada satupun yang memiliki bukti kuat atas kepemilikan hak cipta terhadap lagu Baby Shark. Dengan ini, Rolling Stone pun berpendapat bahwa kasus ini sama seperti misteri asal-usul lagu 'Happy Birthday.' Lagu itu tak dimiliki atau menjadi hak cipta siapapun.
(agn/rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK