'Black Panther' Tayang Gratis untuk 'Black History Month'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 08:00 WIB
'Black Panther' Tayang Gratis untuk 'Black History Month' 'Black Panther' akan ditayangkan secara gratis. (Foto: Courtesy Marvel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir setahun sejak penayangan perdana Black Panther, dikabarkan film itu akan tayang lagi di bioskop untuk kedua kalinya.

Pemenang kategori film terbaik dalam ajang Screen Actors Guild Awards 2019 tersebut turut memeriahkan peringatan 'Black History Month' dengan diputar kembali di Bioskop AMC, perusahaan bioskop asal Amerika Serikat.

Melansir AP, AMC akan menayangkannya selama seminggu penuh pada  1-7 Februari mendatang. Disebutkan dalam satu hari ada dua kali pemutaran.


Di momen ini, penonton tak perlu lagi merogoh kocek untuk melihat aksi di Kerajaan Wakanda, karena film ini disuguhkan secara gratis.


Hal itu diumumkan oleh Disney selaku distributor film. Disney juga menyebut akan menghibahkan dana sebesar $1,5 juta atau setara dengan Rp21 miliar untuk The United Negro College Fund, organisasi penyedia dana beasiswa untuk pelajar berkulit hitam di Amerika.

Black History Month merupakan momen yang mengingatkan perjuangan warga keturunan Afrika-Amerika dalam meraih berbagai prestasi.

Perayaan ini muncul ketika seorang pria kenamaan Afrika-Amerika bernama Dr Carter G Woodson berhasil menjadi orang berkulit hitam pertama yang mampu menyelesaikan studi di Harvard. Di sana, ia pun mengeksplorasi studi tentang sejarah Afrikaa-Amerika.

Presiden Walt Disney Bob Iger mengungkapkan dirinya bangga memamerkan kembali film arahan Ryan Coogler tersebut pada momen Black History Month.


"Ceritanya menunjukkan kepada kita kekuatan dari ilmu pengetahuan dapat mengubah dunia jadi lebih baik, dan pentingnya meyakinkan setiap orang memiliki kesempatan itu," ujar Iger, dikutip dari Variety.

"Kami bangga menyediakan ribuan pemutaran gratis Black Panther, dengan harapan film ini akan terus menginspirasi banyak orang," lanjutnya.

Selain menjadi film terbaik, Black Panther juga meraih kemenangan dalam kategori penampilan kolektif aktor pengganti terbaik di SAG Awards. Film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman ini pun memborong tujuh nominasi Oscar, termasuk kategori Best Picture. (nda/rea)