FOTO: Melihat Kuil Ramses II di Bawah Pijaran Matahari

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 09:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kejadian Kuil Ramses II disinari matahari terhitung sangat jarang, karena hanya dua kali setahun. Di waktu-waktu lain, hampir sepenuhnya gelap gulita.

Inilah kuil Ramses II yang terkenal, dipenuhi gambar dan hieroglif yang menggambarkan kemenangan Ramses II di pertempuran Qadesh. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Bukan hanya pejabat negara dan orang-orang penting, sekitar dua ribu orang lainnya turut serta berkumpul di Kuil Abu Simbel untuk mengamati sinar matahari yang jatuh di patung-patung kuil. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Fenomena penyelarasan matahari yang dikenal di era Ramses II ini terjadi dalam dua kali setahun, yaitu pada 22 Februari dan 22 Oktober, di mana sinar matahari jatuh di kuil dan menerangi sebagian dinding bagian dalam. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Dua kali dalam setahun, sinar matahari menerangi patung Dewa Matahari Re-Horakhte dan Amon-Re yang duduk, selain patung Ramses II. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Sementara di sebagian besar waktu, tempat suci dari kuil utama di Abu Simbel tersebut hampir sepenuhnya gelap. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Kompleks candi Abu Simbel adalah salah satu bangunan monumental paling populer di Aswan, yang terletak di antara kedua Sungai Nil. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Kuil tersebut, yang diukir dari tebing batu pasir di tepi barat Sungai Nil, ditemukan dua kali. Yang pertama adalah pada tahun 1813 oleh peneliti Swiss Johann Ludwig Burckhardt, lantas yang kedua pada 1817 oleh Govani Battista. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Sebuah foto yang diambil pada tanggal 27 Januari 2019, menunjukkan hieroglif di Kuil Agung Abu Simbel, di selatan Aswan di Mesir. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)


ARTIKEL TERKAIT