FOTO: 'Rumah' Bollywood Seharga Rp277 Miliar

AFP/PUNIT PARANJPE, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 14:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- India akhirnya punya museum film untuk pertama kali, setelah industri Bollywood berjaya selama lebih dari seabad.

India akhirnya punya museum film Bollywood pertama. Selama ini, meski Bollywood telah ada sejak seabad lalu dan memproduksi 1.500 film per tahun, semua belum terarsipkan baik. (AFP/PUNIT PARANJPE)
National Museum of Indian Cinema (NMIC) dibiayai oleh pemerintah dan berlokasi di sebuah bangunan lima lantai di Mumbai. Butuh US$19,6 juta (setara Rp277 miliar) untuk membuat museum itu. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Museum itu berisi berbagai memorabilia, alat-alat merekam dan membuat film, serta layar interaktif di mana pengunjung bisa menonton klip dari film-film India paling legendaris. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Pengunjung bisa melihat langsung poster film zaman dahulu yang masih dilukis tangan. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Bagi pencinta selfie, bisa juga berfoto bersama patung ikon Bollywood, Raj Kapoor. Rekaman KL Saigal, superstar film pertama berbahasa India pun bisa didengar. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Yang juga membuat pengunjung tertarik: berbagai koleksi kamera untuk membuat film. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Museum itu tak hanya menyimpan legenda Hollywood, tetapi juga punya ruang khusus untuk sosok bersejarah dari India, Mahatma Gandhi, bahkan ikon hiburan Charlie Chaplin. (AFP/PUNIT PARANJPE)
NMIC seharusnya bisa dibuka pada 2014, karena ide membangun museum itu bahkan sudah ada sejak 2006. Namun penambahan ruang pada bangunan membuatnya baru bisa dinikmati sekarang. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Pengunjung dari berbagai daerah di India pun berdatangan dan terkagum-kagum akan sejarah serta betapa besarnya industri perfilman India, yang selama ini tak mereka kira. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Salah satunya adalah Maria Jones yang mengaku baru pertama kali ini melihat museum besar tentang perfilman India, dan tertarik melihat kamera film dengan beraneka ukuran. (AFP/PUNIT PARANJPE)