FOTO: Perjalanan Pengaruh 65 Tahun Oprah Winfrey

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 17:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Oprah Winfrey berulang tahun ke-65 pada 29 Januari 2019. Ia bukan hanya sekadar selebritis dan pembawa acara, pengaruhnya sudah mendunia.

Oprah Winfrey berulang tahun ke-65 pada 29 Januari 2019. Ia bukan hanya sekadar selebritis dan pembawa acara, pengaruhnya sudah mendunia. (AFP PHOTO/EMMANUEL DUNAND)
Oprah telah dikenal dekat dengan politikus papan atas Amerika Serikat. Salah satunya adalah Hillary Clinton. Pada 1995, kala itu Hillary yang menjadi ibu negara AS, datang ke acara Oprah. (Photo by POOL / AFP)
Ketenaran Oprah sebagai pembawa acara sejak dekade '80-an menjadi salah satu alasan dia memiliki pengaruh besar di masyarakat Amerika Serikat. Bahkan kala George W Bush masih menjadi bakal calon presiden dari Partai Republik pada 2000 silam, ia ikut muncul di acara Oprah. (AFP PHOTO/Tannen MAURY)
Bukan hanya dari kubu Republik, kandidat dari partai Demokrat Al Gore pun ikut tampil dan menunjukkan kedekatan dengan Oprah dalam acara yang ditayangkan 11 September 2000. (AFP PHOTO/Luke FRAZZA)
Bukan hanya dengan politisi Amerika Serikat. Bukti Oprah memiliki pengaruh mendunia adalah kala dirinya bisa dekat dengan mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela (kiri) dan istrnya pada 22 Desember 2002. Kala itu, Oprah diundang hadir di pesta Natal di kediaman Mandela. (RAJESH JANTILAL / AFP)
Musisi Quincy Jones salah satu teman terdekat Oprah. Kala Oprah mendapatkan Philadelphia Marion Anderson Award pada 2003 berkat aksi filantropinya, Jones memberikan selamat kepada Winfrey sama seperti Oprah memberikan selamat kepada Jones kala mendapatkan Jean Hersholt Award di Oscar 1995. (William Thomas Cain/Getty Images/AFP)
Oprah juga dikenal dekat dengan keluarga Barack Obama dan pernah berkampanye untuk presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut. (McCollester/Getty Images/AFP)
Kala Obama menjabat, Oprah (kanan) dan Paul McCartney (kiri) pernah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah AS atas dedikasi mereka dalam dunia seni. (JIM WATSON / AFP)
Sejak memutuskan pensiun dari panggung pembawa acara dan menutup 'Oprah Winfrey Show' yang telah dimulai sejak 1986 hingga 2011, Oprah lebih banyak mengelola jaringan televisi miliknya dan aktif dalam kegiatan filantropi. (Frederick M. Brown/Getty Images/AFP)
Pada 2014, Oprah menjadi produser dari film 'Selma' yang mengisahkan momentum kebangkitan ras kulit hitam di AS pada 1964. Film tersebut memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Original Song. Oprah sendiri pertama kali mendapat nominasi Oscar di film pertamanya, The Color Purple (1985). (AFP PHOTO / Robyn BECK)
Bukti lain bahwa Oprah kini menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia pada usianya yang ke-65 adalah ia juga dekat dengan golongan bangsawan macam Keluarga Kerajaan Inggris. Oprah hadir kala pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, 2018 lalu. (Ian West / POOL / AFP)