James Ingram Meninggal Dunia, Musisi RnB Berduka

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 13:16 WIB
James Ingram Meninggal Dunia, Musisi RnB Berduka Musisi James Ingram meninggal dunia dalam usia 66 tahun. (Jason Kempin/Getty Images for One Kid One World/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia musik RnB sedang dirundung duka. Musisi James Ingram meninggal dunia dalam usia 66 tahun, menurut keterangan teman-temannya pada Selasa (29/1) lalu waktu Amerika Serikat.

Melansir AFP, kabar itu diunggah oleh sahabatnya, Debbie Allen di media sosial. Allen sedikit bercerita tentang bagaimana sosok Ingram dari kacamata pribadinya.

"Saya telah kehilangan sahabat tersayang sekaligus rekan kreatif di Celestial Choir. Dia akan selalu disayangi, dicintai, dan diingat karena kegeniusannya serta cintanya pada keluarga dan sesama," tulis Allen dalam akun Twitter-nya.



Quincy Jones rekannya sesama musisi pun mengungkapkan duka cita di media sosial.

"Tidak ada kata yang dapat menyampaikan rasa sakit saya saat mendengar berita kepergian saudara saya, James Ingram. Dengan suara yang menggetarkan jiwa itu, James adalah keajaiban. Dia tidak ada bandingannya. Istirahat dalam damai, saudaraku. Kau ada di hatiku selamanya," demikian ia menulis.

Menurut laporan AFP dan CNN, penyebab kematiannya tidak diungkapkan.





Ingram memulai kariernya dengan bergabung bersama band Revelation Funk. Musisi asal Ohio itu juga pernah menjadi pianis untuk musikus soul Ray Charles.


Popularitasnya memuncak saat ia ikut menyanyikan lagu Just Once dan Once Hundred Ways dalam album The Dude milik musisi R&B legendaris, Quincy Jones.

Ingram juga dikenal menulis lagu. Ia bahkan pernah menyumbang lagu untuk King of Pop Michael Jackson, yakni Pretty Young Thing.

Selain itu, musisi kelahiran 16 Februari tersebut juga mengisi lagu latar berjudul Somewhere Out There bersama Linda Ronstadt untuk film animasi An American Tail pada 1986.


Penyanyi papan atas lainnya seperti Donna Summer, Viktor Lazio, dan Natalie Cole pun pernah berkolaborasi dengannya.

Kesuksesannya di bidang musik telah dibuktikan lewat peraihan 14 nominasi Grammy. Ingram membawa pulang piala di kategori Best Male RnB Vocal Performance lewat lagu One Hundred Ways pada 1981 dan Best RnB performance for a Duo or Group lewat Yah M B Three (1984).

Dua nominasi Golden Globe Awards pun pernah ia dapatkan. Satu nominasi pada 1994 untuk kategori Best Original Song lewat lagu The Day I Fall in Love. Satu lagi di tahun berikutnya pada kategori yang sama lewat lagu Look What Love Has Done. (nda/rsa)