Oscar 2019 Dipastikan Tanpa Pemandu Acara

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 09:26 WIB
Oscar 2019 Dipastikan Tanpa Pemandu Acara Oscar 2019 dipastikan berjalan tanpa pemandu acara. (Foto: Phil McCarten)
Jakarta, CNN Indonesia -- Helatan Academy Awards tahun ini sebagai malam yang digadang-gadang terbesar di Hollywood, untuk kali pertama tidak akan dipandu oleh pembawa acara.

"Kami mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada pembawa acara," ujar juru bicara The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences kepada AFP, Selasa (5/2).

Sebelumnya, sejumlah konflik terjadi ketika aktor dan komedian Kevin Hart dibatalkan perannya sebagai pembawa acara pada Desember 2018 silam. Pasalnya, saat itu cuitan lama Hart di Twitter terkait homophobia kembali terungkit. Ia pun mengundurkan diri.



Penyelenggara acara disebut berjuang keras menemukan pengganti Hart. Kini, mereka telah memberikan konfirmasi pasti.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa para produser Academy Awards ke-91 ini berencana mencoba sebuah format baru berupa sejumlah aktor dan aktris kelas A Hollywood memperkenalkan beberapa segmen bervariasi pada 24 Februari mendatang.

Ini tidak menjadi gelaran pertama Oscar tanpa pemandu acara. Pada tahun 1989, hal serupa pernah terjadi, ketika aktor Rob Lowe menyanyikan lagu dari Creedence Clearwater Revival bertajuk Proud Mary yang telah diganti liriknya menjadi cerita tentang industri film dan film Rain Man yang dibintangi oleh Tom Cruise memborong empat piala kategori bergengsi, termasuk The Best Picture.


Beberapa pemandu acara Oscar setelahnya pun tak luput dari kritik keras, seperti aktor Neil Patrick Harris yang setelah dikritik menyatakan merasa usahanya untuk Oscar dianggap sia-sia pada 2015. Pasangan James Franco dan Anne Hathaway pada 2011 pun disebut sebagai 'tak berguna'.

Selain aktor dan aktris, para komedian tercatat pernah menjadi pembawa acara Oscar. Chris Rock membuka Oscar pada 2005 dan 2016, sementara Ellen DeGeneres pada 2007 dan 2014, serta Jimmy Kimmel memimpin perhelatan pada 2017 dan 2018. (rea)