Vokalis Smashing Pumpkins Dapatkan Gitar yang Hilang 27 Tahun

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 19:57 WIB
Vokalis Smashing Pumpkins Dapatkan Gitar yang Hilang 27 Tahun Billy Corgan bergembira mendapatkan kembali gitarnya yang hilang selama 27 tahun. (Foto: Wikimedia Commons/djdroga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vokalis dan gitaris Smashing Pumpkins, Billy Corgan, 'bereuni' dengan gitar Fender Stratocaster yang dimilikinya sejak era album 'Gish' (1991) 27 tahun setelah gitar itu dicuri seseorang.

Gitar bersejarah tersebut, yang dibeli Corgan dari rekan bandnya Jimmy Chamberlin, dicuri setelah Smashing Pumpkins menyelesaikan show di Detroit pada 1992.

Mengetahui gitarnya hilang, tak banyak yang bisa dilakukan Corgan. Namun 27 tahun setelah mendengar banyak rumor bohong dan harapan sia-sia atas kepulangan Stratocaster itu, pria yang dikenal berpenampilan botak itu akhirnya bisa kembali memainkannya di atas panggung.


"Seseorang mengirimi sebuah foto gitar lain saya beberapa minggu lalu, dan saya membalasnya, 'bagaimana kamu mendapatkan gitar saya?'" ucap Corgan kepada Rolling Stone, melansir NME.


"Dia membalas lagi, 'oh, ini hanya rekreasi'. Dia benar-benar memiliki stiker yang sama, menempelkannya dengan cara yang sama dan mengikis cat gitar hingga terlihat usang. Kamu bisa saja menipu saya," kata pria yang mengira si pengirim pesan sedang mempermainkan dirinya.

Corgan kemudian memutuskan bertemu dengan si pengirim foto dan terpana menyadari ternyata gitar yang dilihatnya di foto tersebut sungguh miliknya yang hilang dulu.

Sebelum kembali ke tangan Corgan, gitar itu dimiliki oleh Beth James, yang membelinya dengan harga $200 atau sekitar Rp2,7 juta di sebuah penjualan barang-barang bekas di Michigan.

Kemudian seorang kawannya menyadari kesamaan fisik gitar dengan milik Corgan. Beth lantas berkoneksi dengan pakar royalti musik Alex Heiche, yang berinisiatif menghubungi pihak Smashing Pumpkins.


"Gitar ini bisa langsung mengubah sound band dan cara bermain saya," kata Corgan tentang Stratocaster-nya.

"Ketika dia hilang, bukannya seperti 'oh, ya ampun, gitar saya baru saja dicuri'. Ini adalah gitar yang mempengaruhi cara main saya dan saya sudah lekat dengannya," lanjutnya.



Smashing Pumpkins, yang pernah meledak di era alternative pada 1990-an dengan 'Siamese Dream' dan 'Mellon Collie and the Infinite Sadness', kembali pada 2018 dengan 'Shiny and Oh So Bright, Vol. 1 / LP: No Past. No Future. No Sun.'. Kembali bersama Jimmy Chamberlin dan James Iha, mereka dijadwalkan menjalani tur pada musim panas tahun ini. (rea)