Drake, Childish Gambino dan Kendrick Lamar 'Tolak' Grammy

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 09/02/2019 16:23 WIB
Drake, Childish Gambino dan Kendrick Lamar 'Tolak' Grammy Kendrick Lamar di atas panggung Grammy Awards 2018 untuk kemenangannya di kategori Best Rap Album. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Drake, Kendrick Lamar, dan Childish Gambino disebut menolak permintaan the Recording Academy untuk tampil di ajang penghargaan musik Grammy Awards 2019. Salah satu produser acara ajang tersebut, Ken Ehrlich mengatakan bahwa itu terjadi karena kegagalan The Academy untuk terhubung dengan dunia hip hop.

"Faktanya adalah, kami terus memiliki masalah di dunia hip hop. Ketika mereka tidak membawa pulang hadiah besar, penghargaan dari The Academy dan apa yang diwakili Grammy, terus menjadi kurang berarti bagi komunitas hip hop, yang mana itu menyedihkan," katanya kepada New York Times.

Selain ketiga bintang hip hop yang menolak di atas, belum lama ini penyanyi pop Ariana Grande pun memutuskan menarik diri untuk menjadi salah satu penampil Grammy tahun ini. Pelantun Thank You, Next itu mundur karena sikap tanpa kompromi dari produser Grammy untuk memungkinkan dirinya menyanyikan singel terbaru 7 Rings.



Tak hanya batal tampil, Grande pun memutuskan tidak akan hadir ke acara yang memberinya dua nominasi Best Pop Vocal Performance untuk lagu God Is a Woman dan Best Pop Vocal Album untuk 'Sweetener' (2018).

"Ketika kreatifitas dan ekspresi diri saya terhalang oleh Anda, saya memutuskan untuk tidak hadir. Saya harap pertunjukannya persis seperti yang Anda inginkan dan lebih dari itu," tulis Grande di Twitter.

Mengutip Complex, ajang penghargaan Grammy terus menunjukkan semakin kontroversial dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, sejumlah nama dari industri musik dunia mengkritik pertunjukan ketika hanya seorang wanita yang memenangkan penghargaan solo dan JAY Z yang meraih 8 nominasi tak satupun memboyong piala kemenangan.


Selain itu, album 'DAMN' milik Lamar yang memenangkan Pulitzer secara mengejutkan kalah dalam kategori Album of The Year.

Atas protes tersebut, The Academy disebut membentuk satuan tugas yang dipimpin mantan kepala staf Michelle Obama, Tina Chen untuk mengidentifikasi berbagai hambatan dan bias yang tidak disadari. Meski sudah membuat perubahan, tetapi Grammy tahun ini disebut masih bakal bersitegang dengan beberapa pihak. (agn/rea)