Oscar Umumkan 4 Kategori yang 'Dibuang' dari Siaran Langsung

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 17:51 WIB
Oscar Umumkan 4 Kategori yang 'Dibuang' dari Siaran Langsung Pihak the Academy akhinya merilis empat kategori yang akan 'dibuang' dari siaran langsung Oscar 2019 demi mempersingkat durasi acara. (REUTERS/Phil McCarten)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak penyelenggara Oscar 2019 mengumumkan ada empat kategori dalam ajang penghargaan tersebut yang akan diumumkan pemenangnya dalam sesi iklan guna mempersingkat durasi menjadi tiga jam.

Pihak the Academy of Motion Pictures Arts and Sciences selaku penyelenggara mengumumkan empat kategori tersebut adalah Cinematography, Film Editing, Makeup and Hairstyling, dan Best Live-Action Short.

Pidato kemenangan para peraih Oscar dalam kategori tersebut disebut akan disiarkan kemudian dan juga akan ditayangkan secara live-streaming dalam laman asli Oscar serta di media sosial resmi acara tersebut.


Presiden the Academy John Bailey mengatakan dalam pernyataannya kepada para anggota bahwa keputusan tersebut diambil atas pertimbangan dari komite eksekutif dan dewan gubernur lembaga tersebut.


"Kami berkomitmen untuk menampilkan sebuah acara yang membuat kita semua bangga," kata Bailey.

Dalam beberapa tahun ke depan, empat hingga enam kategori bakal dirotasi untuk 'dilenyapkan' dari siaran langsung.

Rencana menayangkan pemenang sejumlah kategori dalam sesi iklan ini sudah diutarakan pada Agustus lalu demi mendapatkan durasi penayangan tiga jam. Hal itu dilakukan sebagai langkah mengatasi penurunan rating yang terus terjadi pada Oscar.

Associated Press melaporkan keputusan ini juga mendapatkan penolakan dari para penggemar film juga nomine. Sejumlah tagar bertuliskan #PresentAll24 menggema meminta the Academy menampilkan seluruh 24 nominasi.

Akan tetapi keputusan the Academy ini tampak terus berlanjut, tak seperti ketika pihak Oscar melempar isu bakal membuat kategori baru untuk film populer.

Film 'Roma' garapan Alfonso Cuaron mendapatkan nominasi di kategori yang 'dibuang' dari siaran langsung Oscar 2019.Film 'Roma' garapan Alfonso Cuaron mendapatkan nominasi di kategori yang 'dibuang' dari siaran langsung Oscar 2019. (dok. Netflix)

"Keputusan ini tidak ada hubungannya dengan perfilman. Ini keputusan penyiaran. Ini tentang acaranya, hiburan. Namun ini tidak harus menjadi bagian tentang [identitas] Academy Awards," kata sutradara peraih Oscar, Alfonso Cuaron kala ditanya AP tentang keputusan the Academy ini.

"The Academy Awards harus tentang perayaan seni [perfilman] dalam beragam kategori," lanjut Cuaron yang juga menjadi nomine dalam kategori Cinematography, selain Best Director, Best Pictures, dan Best Original Screenplay tersebut berkat film 'Roma'.

Bila Cuaron merasa keputusan ini tak menjadi soal, lain halnya dengan sutradara film 'Vice', Adam McKay yang menyebut dirinya kecewa dengan kebijakan 'melenyapkan' sejumlah kategori dari penayangan langsung.


Dia mengaku sebelumnya telah mendengar desas-desus sejumlah kategori seperti Makeup and Hairstyling akan 'dibuang'. Dan baginya, keputusan tersebut mengecewakan terutama mengingat pengorbanan kru bidang itu mengubah Christian Bale menjadi Dick Cheney dalam film yang ia garap.

"Kru itu telah bekerja amat keras," kata McKay yang film garapannya juga masuk dalam kategori Film Editing sebagai salah satu yang akan diumumkan secara 'off air'.

Ajang Piala Oscar 2019 akan dilangsungkan pada 24 Januari 2019 mendatang di Dolby Theatre, Los Angeles.

[Gambas:Video CNN] (end)