'Han Solo' Kritik Donald Trump soal Perubahan Iklim

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 07:44 WIB
'Han Solo' Kritik Donald Trump soal Perubahan Iklim Aktor Harrison Ford meminta masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi bumi. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Harrison Ford yang berperan sebagai Han Solo dalam seri film Star Wars menghadiri acara World Government Summit di Dubai. Dalam acara itu ia mengkritik pemimpin negara yang tidak peduli terhadap perubahan iklim.

"Elemen kepemimpinan, di seluruh dunia, termasuk negara saya, demi mempertahankan status quo mereka, menyangkal atau merendahkan ilmu pengetahuan. Mereka berada di sisi sejarah yang salah," kata Ford seperti dilansir AFP.

Ford melanjutkan, "Kita berhadapan dengan apa yang saya yakini sebagai krisis moral terbesar di zaman kita sehingga mereka yang paling tidak bertanggung jawab atas perusakan alam akan menanggung akibat terbesar."



Pada Desember 2017 lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sempat menghadiri acara Kesepakatan Paris demi mengatasi perubahan iklim. Ia memutuskan mundur dari Kesepakatan Paris karena beranggapan mengikuti kesepakatan itu akan menjadi beban ekonomi AS.

Dengan mengikuti Kesepakatan Paris, suatu negara sepakat untuk membatasi kenaikan suhu global abad ini setidaknya di bawah dua derajat Celcius (3,6 Fahrenheit). Kegagalan penurunan suhu dapat mengakibatkan kenaikan permukaan laut.

Awal bulan ini, PBB sempat menjelaskan empat tahun belakangan terjadi kenaikan suhu terpanas sejak catatan kenaikan suhu global dimulai. Ford meminta semua orang bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini.


"Jika kita ingin bertahan hidup di planet ini, satu-satunya rumah kita yang akan tahu, untuk keamanan kita, untuk masa depan kita, untuk iklim kita, kita lebih membutuhkan alam sekarang dari sebelumnya," kata Ford.

Ford melanjutkan, "Alam tidak membutuhkan manusia. Manusia membutuhkan alam." (adp/rea)