Doraemon, Si Kucing 'Tua' yang Jadi Bacaan Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 16:38 WIB
Doraemon, Si Kucing 'Tua' yang Jadi Bacaan Jokowi Doraemon pertama kali muncul dalam majalah bulanan di Jepang pada Desember 1969. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Robot kucing asal Jepang, Doraemon, mendadak menjadi perbincangan dalam perpolitikan Indonesia. Ia 'menguasai' judul media massa setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui hobi membaca komik Doraemon.

Hobi tersebut sempat dikritik oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Ia merasa miris bacaan Jokowi sangat jauh berbeda dengan buku yang biasa dibaca oleh para pendiri bangsa, seperti Sutan Syahrir, Bung Hatta, hingga HOS Cokroaminoto.

Doraemon sebenarnya memang karakter yang diciptakan untuk anak-anak, namun ia bebas dibaca siapa saja, termasuk Jokowi yang saat ini usianya 57 tahun.


Doraemon adalah robot kucing dari abad ke-22 yang dikirim ke abad-20 untuk menolong Nobita. Ia lahir pada 3 September 2112 dengan tinggi badan 129,3 centimeter dan berat badan 129,3 kilogram.


Menurut cerita dalam serial manga dan anime, Doraemon adalah robot kucing yang diciptakan oleh Nobita sendiri. Ia memiliki kantung ajaib diperutnya yang bisa mengeluarkan berbagai alat untuk memenuhi keinginan Nobita.

Karakter Doraemon terlihat canggih karena datang dari masa depan. Padahal Doraemon adalah karakter 'tua.' Ia pertama kali muncul pada Desember 1969. Ketika itu Doraemon diterbitkan serentak di enam majalah bulanan anak-anak yang berbeda.

Sebanyak 1.345 seri cerita diciptakan dalam cerita asli yang diterbitkan Shogakukan di bawah merek manga Tentomushi. Cerita Doraemon lalu memanjang hingga empat puluh lima volume. Majalah tersebut kini berada di Perpustakaan Pusat Takaoka di Toyama, Jepang, tempat Fujiko F. Fujio--nama pena komikus Doraemon--lahir.

Pada 1973, serial televisi pertama Doraemon dibuat. Serial yang terdiri dari 26 episode itu merupakan produksi Nippon Television. Mulai 1 April 1973 sampai dengan 20 September 1973 serial itu disiarkan di Jepang. Singkat dan tidak terlalu populer.


Komik Doraemon sendiri tetap ada sampai 1979. Sampai akhirnya sebuah studio animasi Shin-Ei Animation, yang kini dimiliki oleh TV Asahi menghasilkan serial Doraemon. Serial tersebut menjadi sangat populer, dan berakhir dengan 1.787 episode pada 25 Maret 2005.

Merayakan ulang tahun waralaba serial tersebut, seri Doraemon baru mulai ditayangkan di TV Asahi pada 15 April 2005. Suara aktor baru, dan desain karakter diperbarui. Doraemon 2005 menjadi serial anime terbaru yang berdasarkan manga Fujiko Fujio.

Sebagian besar episode di serial ini adalah pembuatan ulang dari serial pada 1979. Seri ini juga ditayangkan di Spanyol dan Hong Kong pada Januari 2009, serta Portugal pada 2010.

Pada 12 Mei 2014, TV Asahi Corporation mengumumkan perjanjian dengan Walt Disney Company. Serial Doraemon pada 2005 dibawa ke saluran televisi Disney XD di Amerika Serikat.

Doraemon sudah tayang di Indonesia sejak 1988.Doraemon sudah tayang di Indonesia sejak 1988. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Doraemon tayang di Indonesia sejak November 1988. Sampai saat ini anime Doraemon masih tayang setiap Minggu pagi. Siapa sangka, Jokowi ternyata mengikuti karakter 'tua' yang begitu populer itu. (adp/rsa)