Tidal Perbolehkan Pengguna Blokir Musisi dan Lagu

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 22:41 WIB
Tidal Perbolehkan Pengguna Blokir Musisi dan Lagu Tidal merilis fitur terbaru berupa pemblokiran artis. (Foto: Brad Barket/Getty Images for Roc Nation/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan musik streaming Tidal membuat fitur baru. Mulai hari ini pengguna Tidal bisa memblokir musisi dan lagu agar tidak muncul dalam daftar putar lagu.

Melansir Billboard, fitur pemblokiran berfungsi untuk mengkurasi lagu dan musisi sesuai keinginan. Pelanggan hanya perlu memilih opsi blokir untuk memblokir musisi atau lagu.

Namun pemblokiran tidak berlaku selamanya. Pengguna bisa membatalkan pemblokiran dengan memilih opsi batal blokir.



Fitur ini bertujuan menghindari mendengarkan musisi yang dianggap memiliki masalah di masa lalu. Seperti R Kelly yang selama bertahun-tahun diduga melakukan pelecehan seksual.

Fitur yang berlaku di Tidal serupa dengan Spotify. Pada Mei 2018 lalu Spotify merilis fitur penghapusan karya musisi yang melakukan perilaku kebencian. R. Kelly menjadi salah satu musisi yang kena imbas kebijakan tersebut.

Film dokumentasi bertajuk 'Surviving R Kelly' memang punya dampak amat besar. Film yang menuduh Kelly melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur selama bertahun-tahun itu membuatnya kesulitan meneruskan karier bernyanyi yang telah dimulainya sejak akhir 1980-an.


Baru-baru ini, Australia bahkan disebut mempertimbangkan ulang kemungkinan Kelly untuk konser di Negara Kanguru tersebut, setelah sebelum label memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan pelantun megahit I Believe I Can Fly itu.

Kelly diketahui memiliki dua jadwal konser di Jerman pada bulan April mendatang, tetapi saat ini beredar petisi yang meminta pertunjukan tersebut dibatalkan. (adp/rea)