Lima Rekomendasi Film Akhir Pekan

CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 17:32 WIB
Lima Rekomendasi Film Akhir Pekan Film 'Antologi Rasa' bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia. (dok. Soraya Intercine Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rekomendasi film untuk akhir pekan kali ini lebih beragam, bersamaan dengan sejumlah film yang telah memenangkan pujian di berbagai festival film ditayangkan di Plaza Indonesia Film Festival.

Dalam acara tersebut, ada sejumlah film yang patut untuk ditonton, mulai dari Ave Maryam, 27 Steps of May, dan Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body).

Namun bagi penikmat film komersil, sejumlah film baru juga telah bermunculan. Antologi Rasa yang diangkat dari novel bertajuk sama karya Ika Natassa cocok bagi penonton yang ingin menyaksikan drama percintaan.


Berikut lima rekomendasi film akhir pekan kali ini dari CNNIndonesia.com.


27 Steps of May

27 Steps of May mengangkat kisah trauma akibat kekerasan seksual yang dialami oleh May (Raihaanun). Kisah itu disebut terinspirasi oleh peristiwa Mei 1998 yang diawali dengan adegan May kala berusia 14 tahun diperkosa oleh sekelompok orang tak dikenal.

Akibat hal itu, May menarik diri sepenuhnya dari kehidupan. Ia menjalani hidup tanpa koneksi, emosi, dan kata-kata, hanya menyisakan trauma.

Peristiwa tersebut tidak hanya berdampak pada kehidupan May tetapi juga Bapak (Lukman Sardi). Bapak terpukul dan menyalahkan dirinya karena tak bisa menjaga sang putri.

27 Steps of May, tayang perdana di Busan International Film Festival pada 2018 dan telah berkeliling menuju Cape Town Film Festival di Afrika Selatan dan juga Goteborg Film Festival di Swedia.

Film ketiga Ravi Bharwani ini meraih film terbaik (Golden Hanoman Award) kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018 lalu. Film ini tayang di Plaza Indonesia Film Festival pada 15 Februari.

[Gambas:Youtube]

Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body)

Film garapan sutradara Garin Nugroho ini bercerita tentang seorang penari Lengger bernama Juno di sebuah desa kecil di Jawa. Juno kecil terpaksa hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya.

Di tengah kesendiriannya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Sejak itu, ia harus hidup berpindah-pindah tempat, dari satu desa ke desa lain.

Seiring perjalanannya menjadi dewasa, Juno mendapat perhatian dan kasih sayang dari beberapa orang terdekat di sekelilingnya. Ada guru tarinya, bibinya yang seorang penjual ayam, pamannya yang seorang penjahit, seorang petinju, dan seorang Warok.

Semua pengalaman yang dilaluinya membuat Juno memiliki sebuah perjalanan hidup yang membawanya kepada pemahaman akan keindahan hidup.

Film yang diangkat dari kisah hidup seorang penari dan koreografer bernama Rianto ini telah memenangkan penghargaan Bisato D'oro Award di Venice Independent Film Critic Italia 2018, Best Film di Festival Des 3 Continents Perancis 2018, serta Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO di Asian Pacific Screen Awards Australia 2018.

Film ini tayang di Plaza Indonesia Film Festival pada 16 Februari.

[Gambas:Youtube]

Antologi Rasa

Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diadaptasi dari novel bertajuk sama karya Ika Natasha. Bercerita tentang cinta segi empat dalam persahabatan, mereka adalah Harris (Herjunot Ali), Keara (Carissa Perusset), Ruly (Refal Hady), dan Denise (Atikah Suhaime).

Tak banyak film adaptasi dari buku yang mampu menciptakan rasa yang sama saat membaca dan menonton ketika sudah diracik menjadi sebuah film. Antologi Rasa merupakan salah satu yang berhasil, meski dengan beberapa catatan.

Film ini bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

[Gambas:Youtube]


The Man from the Sea

Film ini bercerita tentang Banda Aceh setelah dilanda tsunami. Seketika datang seorang penyelamat tak bernama yang diperankan oleh Dean Fujioka. Seiring berjalannya waktu ia dikenal dengan nama Laut.

Kisah tentang Laut cepat tersebar sampai akhirnya sampai ke telinga seorang pekerja sosial bernama Takako (Mayu Tsuruta). Takako mengetahui kisah tentang Laut dari seorang jurnalis bernama Ilma (Sekar Sari) yang tengah bertugas di Banda Aceh.

Bukan sekadar bercerita tentang kehadiran Laut yang misterius, film ini juga dibumbui kisah cinta. Ilma diceritakan bersahabat dengan anak Takako yang bernama Takashi (Taiga). Sementara Ilma baru saja menyudahi hubungan dengan Chris (Adipati Dolken) yang berteman dengan Takashi.

Film 'The Man from the Sea' bisa disaksikan di jaringan bioskop CGV dan Cinemaxx.

[Gambas:Youtube]

The Dude In Me

The Dude in Me mengisahkan insiden yang terjadi antara anak SMA bernama Dong Hyun (Jin Young) dengan pria paruh baya Pan Soo (Park Sung Woong) yang merupakan anggota organisasi kriminal.

Suatu kali, Dong Hyun jatuh dari atap sebuah bangunan dan menimpa Pan Soo. Ketika keduanya tersadar di rumah sakit, keduanya baru menyadari jiwa mereka saling tertukar.

Film 'The Dude in Me' bisa disaksikan di jaringan bioskop CGV dan Cinemaxx.

[Gambas:Youtube] (agn, adp/end)