The Cure Rayakan 30 Tahun 'Disintegration'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 15:47 WIB
The Cure Rayakan 30 Tahun 'Disintegration' The Cure akan merayakan 30 tahun dirilisnya 'Disintegration.' (Julio Cesar Aguilar / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band lawas The Cure akan membuat perayaan khusus untuk menandai 30 tahun perilisan album kedelapan mereka, Disintegration lewat sebuah gelaran konser. Konser itu akan dilangsungkan eksklusif di festival musik Vivid Live di Sydney Opera House, Mei mendatang.

Mengutip The Guardian, band legendaris asal Inggris itu akan tampil membawakan lagu-lagu dalam album itu dengan formasi band lengkap termasuk vokalis Robert Smith serta Simon Gallup, Jason Cooper, Roger O'Donnell, dan Reeves Gabrels.

Penampilan tersebut sekaligus menandai aksi kedua The Cure di Vivid Live setelah pada 2011 mengadakan pertunjukan 'Reflections.' Saat itu mereka membawakan tiga album pertamanya Three Imaginary Boys, Seventeen Seconds, dan Faith secara penuh.



Kali ini, meski merayakan Disintegration, tak hanya lagu-lagu dari album itu yang akan dibawakan. The Cure juga menghibur penggemar dengan sejumlah lagu andalannya.

"Pertunjukan 'Reflections' kami pada 2011 benar-benar menjadi pengalaman yang mengesankan, dan dengan kegembiraan seputar penampilan itu, kami senang untuk mengumumkan kedatangan kami kembali," demikian keterangan Smith soal konser kali ini, dikutip The Guardian.

Dirilis pada 1989, album Disintegration langsung menduduki posisi ketiga di tangga musik Inggris. Pencapaian itu menjadikan Disintegration sebagai album The Cure dengan peringkat tertinggi. Lagu-lagu di dalamnya seperti Lullaby, Lovesong, Pictures of You, dan Fascination Street juga berhasil menorehkan kesuksesan The Cure di Amerika Serikat.



Pada 1992, album yang digambarkan 'begitu murung' ini telah terjual lebih dari tiga juta kopi di seluruh dunia. Tak heran bila kemudian band yang dibentuk sejak 1976 itu membuat perayaan khusus untuk menandai 30 tahun perilisannya.

Selain menggelar di Sydney, band ini pun diminta untuk membuat konser perayaan serupa di kota-kota lain. Hanya saja, meski mereka tercatat memiliki sejumlah jadwal tur di beberapa festival di seluruh dunia, The Cure belum memastikan soal penampilan khusus tersebut.

Ide penampilan khusus itu sendiri disebut berasal dari kurator Vivid Live Ben Marshall yang menghubungi Smith secara langsung untuk meminta cuplikan dari tur 2011. Saat mengobrol, Marshall mengatakan dia bertanya soal perayaan Disintegration ke-30.


Menurutnya, Smith dengan bersemangat menyambut ide itu. Perayaan Disintegration dijadwalkan berlangsung pada 24-25 dan 27-28 Mei mendatang.

[Gambas:Video CNN] (agn/rsa)