Dhira Bongs Siap Terbang ke SXSW 2019

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 14:52 WIB
Dhira Bongs Siap Terbang ke SXSW 2019 Dhira Bongs bisa mewakili Indonesia berangkat ke SXSW 2019 setelah mendapat sponsor. (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Solois Dhira Bongs siap berangkat ke festival musik South By South West (SXSW) 2019, Austin, Texas, Amerika Serikat. Ia menjadi perwakilan musisi Indonesia untuk tampil di festival bergengsi itu tahun ini. Dhira mengaku sudah mendapat sponsor yang cukup.

Mencari sponsor untuk berangkat ke AS sudah dilakukan Dhira sejak awal Januari lalu.

"Awalnya yang bantu hanya Siasat Partikelir, tapi sekarang ada dua, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga bantu," kata Dhira saat berkunjung ke kantor CNNIndonesia.com, Kamis (21/2).



Dhira sempat pesimistis meminta bantuan pada Bekraf karena memiliki pengalaman yang kurang enak. Ia pernah meminta bantuan saat akan tur Jepang 2017 lalu, namun direspons telat. Belum lagi ada konflik antara Bekraf dan Efek Rumah Kaca soal keberangkatan ke SXSW tahun lalu.

Beruntung saat ini Bekraf merespons dengan baik sehingga Dhira bisa terbang ke SXSW 2019.

Dhira menjelaskan, bantuan yang ia dapat dari Siasat Partikelir dan Bekraf berbeda.

Bekraf, kata Dhira, membantu biaya tiket penerbangan pulang pergi untuk lima orang dan pembuatan visa. Kurang lebih lebih biaya satu tiket pulang pergi seharga Rp24 juta. Sementara Siasat Partikelir membantu biaya lain seperti produksi dan akomodasi.


"Kalau dihitung-hitung jumlah bantuan dari keduanya sama. Total pengeluaran hampir Rp300 juta, itu sudah termasuk upah pemain tambahan yang di Amerika," kata Dhira.

Menurut rencana, selama 10 hari di AS biaya yang dibutuhkan adalah Rp300 juta.

Musisi asal Kota Kembang ini dijadwalkan tampil di panggung The Townsend di SXSW, Selasa (12/3), pukul 22:00 waktu Amerika Serikat. Setelah tampil di SXSW 2019 Dhira masih akan berada di AS beberapa waktu lamanya untuk pengambilan gambar video musik. (adp/rsa)