Jumlah Penonton Oscar 2019 Naik Dibanding Tahun Lalu

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 13:03 WIB
Jumlah Penonton Oscar 2019 Naik Dibanding Tahun Lalu Evaluasi the Academy terhadap Oscar 2019 berbuah hasil. Jumlah penonton acara itu tahun ini sedikit lebih banyak dibanding tahun lalu. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kerja keras the Academy untuk menghentikan penurunan penonton Oscar 2019 ternyata tak sia-sia. Acara yang diselenggarakan pada Minggu (24/2) malam tersebut mendapatkan jumlah penonton lebih banyak dari tahun lalu, meski tak signifikan.

Data terbaru dari Nielsen menunjukkan Oscar 2019 ditonton sebanyak 29,6 juta orang, atau naik 12 persen dari tahun lalu, dan menjadikannya sebagai acara Oscar dengan jumlah penonton terendah kedua dalam sejarah.

Pada Oscar 2018, jumlah penonton yang tercatat sebanyak 26,5 juta yang kemudian membuat the Academy dan stasiun televisi ABC melakukan evaluasi besar-besaran.


Sejumlah perubahan tampak pada Oscar 2019. Beberapa di antaranya adalah lebih banyak nomine dari film populer dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Selain itu, kontroversi akan kemenangan 'Green Book', serta penampilan epik dari band Queen berduet dengan Adam Lambert, serta duet Lady Gaga serta Bradley Cooper yang bikin 'baper'.

Pihak the Academy dan ABC juga mencopot keberadaan pemandu acara pada tahun ini. Semula, komedian Kevin Hart ditunjuk menjadi pemandu acara.

Rami Malek raih Oscar berkat penampilannya di 'Bohemian Rhapsody'.Rami Malek raih Oscar berkat penampilannya di 'Bohemian Rhapsody'. (REUTERS/Mike Blake)


Namun kicauan lawasnya yang bernada homofobia mencuat dan menimbulkan kontroversi yang berujung pengunduran diri dari Hart.

Usai Hart mengundurkan diri, pihak the Academy pun tak kunjung mendapatkan pemandu acara sehingga kemudian diputuskan Oscar 2019 berlangsung tanpa pembawa acara. Namun trio Tina Fey, Amy Poehler, dan Maya Rudolph membuka Oscar 2019 dengan monolog yang memukau.


Di samping sebagai ajang perfilman tertinggi dunia, Oscar merupakan acara hiburan paling ditonton dalam setahun, seringkali menempati posisi kedua setelah Super Bowl.

Namun Nielsen mengatakan jumlah penonton acara ini terus menurun sejak 2004 dengan raihan mencapai 43,7 juta. Pada acara tahun ini pun menjadi yang kedua Oscar ditonton di bawah 30 juta orang.

Associated Press melaporkan bahwa jumlah penonton Oscar terbanyak dalam sejarah adalah pada 1998 dengan raihan 55,2 juta.

Jumlah penonton kala itu membludak karena penasaran dengan perolehan Oscar dari film Titanic (1997) yang mendapatkan nominasi terbanyak, yaitu 14.

Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet itu pun keluar sebagai pemenang terbanyak dan utama, dengan 11 piala Oscar, termasuk Best Picture dan Best Director untuk James Cameron.

[Gambas:Video CNN]

(end)