Predikat Miliarder Termuda Kylie Jenner Diprotes Netizen

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/03/2019 17:48 WIB
Predikat Miliarder Termuda Kylie Jenner Diprotes Netizen Predikat miliarder termuda yang diperoleh Kylie Jenner mendapat protes. (Foto: REUTERS/Kevork Djansezian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang TV Kylie Jenner baru saja memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh salah satu pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckenberg. Pengusaha kosmetik ini secara resmi dinobatkan oleh Forbes sebagai miliarder termuda berkat usahanya sendiri, melampaui Mark yang meraih angka miliaran dolar ketika berusia 23 tahun.

Hanysa saja, capaian Kylie atas predikat tersebut tak disepakati sebagian besar orang. Bahkan, beberapa dari mereka justru mengecamnya.

Umumnya, mereka yang tidak sepakat karena bintang Keeping Up with the Kardashians itu dianggap tidak murni mendapat predikat atas usahanya sendiri. Kylie tumbuh dan besar dari keluarga selebriti kenamaan dunia, Kardashian-Jenner.


Meski usaha kosmetik yang dimiliki Kylie betul dikembangkannya sendiri, tetapi banyak yang menilai bahwa kesuksesan dia tak lepas dari sokongan nama besar keluarganya.


"Oh ya Kylie Jenner miliarder karena usaha sendiri, tak bisa percaya seberapa jauh dia datang dari kawasan kecil di permukiman kumuh Carlisle," sindir seorang netizen.



Ada pula yang kemudian membandingkan Kylie dengan Oprah Winfrey sebagai referensi.

"Hai Forbes. Ini baru miliarder atas usaha sendiri. Dia lahir di Kosciusko, Mississippi dan tidak pernah bersekolah karena dia miskin. Dan sekarang dia seorang miliarder. Atas usahanya sendiri."




"Apakah @Forbes berpikir bahwa 'usaha sendiri' berarti 'memulai bisnis dengan meningkatkan ketenaran seseorang sambil duduk di atas kekayaan keluarga' sebagai lawan dari 'hanya bermain video game sepanjang hari sambil duduk di atas kekayaan keluarga' yang benar saja, bahkan sepatu botnya terbuat dari emas," tambah lainnya.



Bukan hanya netizen, akun resmi kamus Dictionary.com pun ikut menyinggung Forbes untuk penggunaan predikat yang diberikan kepada Kylie.

"Bukankah kita sudah membahas ini? 'Self-made': Memiliki kesuksesan dalam hidup tanpa bantuan," tulisnya seraya memberi rujukan laman yang dimaksud memuat arti kata tersebut.



Predikat Miliarder Termuda Kylie Jenner DiprotesPredikat miliarder termuda yang disematkan kepada Kylie Jenner diprotes oleh netizen. (Foto: Nicholas Hunt/Getty Images for Huffington Post/AFP)

Meski demikian, mengutip Ace Showbiz, Forbes belum menanggapi terkait kontroversi atas predikat Kylie tersebut.

Kylie, yang saat ini baru berusia 21 tahun, disebut Bloomberg Billionaires Index memiliki kekayaan sejumlah $1,02 miliar atau Rp14 triliun. Asumsinya, dia memiliki 90 persen saham Kylie Cosmetics, sementara sisanya dimiliki oleh sang ibu Kris Jenner, selaku manajer dan pengatur keuangannya.

Bisnisnya Kylie Cosmetics bahkan telah dibandingkan dengan empat merek lain yang berkutat di bidang yang sama, yaitu L'Oreal SA, Inter Parfum Inc., Estee Lauder Cos. dan Elf Beauty Inc.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)