Berkat Kupon Kopi Hoaks, 'Shallow' Kuasai Tangga Lagu

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/03/2019 19:41 WIB
Berkat Kupon Kopi Hoaks, 'Shallow' Kuasai Tangga Lagu Lady Gaga dan Bradley Cooper kala membawakan lagu 'Shallow' di panggung Oscar 2019. (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lagu hit Shallow milik Lady Gaga baru-baru ini kembali menorehkan prestasi. Setelah memenangkan piala Oscar pada akhir Februari lalu, lagu yang jadi tema film A Star is Born itu menanjak ke posisi teratas tangga musik Billboard Top 100.

Namun yang menarik, capaian itu diperolehnya berkat kreatifitas fan garis keras yang membuat promo kopi gratis palsu.

Para fan Gaga atau yang kerap disebut Little Monsters itu mengatasnamakan Starbucks dan seolah akan memberi kopi gratis untuk siapapun yang memutar lagu Shallow kemudian memotret dan mengunggah buktinya ke Twitter.


Sebagai salah satu persyaratan, tagar #Shallowbucks pun harus ikut dibubuhkan pada unggahan tersebut.


Demi membuat promosi itu dipercaya, beberapa penggemar lantas membuat pesan personal palsu dari akun Starbucks yang seolah mengonfirmasi kupon kopi gratis tersebut. Ada pula yang membuat foto iklan palsu di laman aplikasi Starbucks.

Dengan iming-iming promosi itu, tak sedikit yang kemudian tertipu. Bahkan, tagar #Shallowbucks pun sempat menjadi topik terhangat yang diperbincangkan hingga kemudian menyokong popularitas lagu Shallow.








Sejak digemakan pertama kali pada Kamis (28/2) pekan lalu, penipuan #Shallowbucks telah berjalan mulus sebelum perusahaan itu akhirnya mengkonfirmasi bahwa promosi tersebut palsu.

Namun di sisi lain, mengutip NME, kampanye itu sukses. Lagu Shallow milik Gaga berhasil menjadi juara pekan lalu, menggeser capaian Ariana Grande yang menguasai posisi puncak sejak awal 2019.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Video CNN] (agn/end)