Singapura Larang Band Metal Watain Live Konser

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 07/03/2019 23:41 WIB
Singapura Larang Band Metal Watain Live Konser Ilustrasi. (Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Singapura melarang band death metal asal Swedia, Watain, melangsungkan konser karena kekhawatiran soal sejarah band yang "merendahkan agama dan mempromosikan kekerasan".

Watain yang seharusnya tampil pada Kamis (7/3) mendapatkan banyak penggemar karena aksi mereka saat live yang kerap disebut brutal. Ini termasuk melakukan upacara setan di atas panggung dan menyiram penggemar mereka dengan darah.


Otoritas Pengembangan Media Informasi-komunikasi (IMDA) mengatakan pihaknya membatalkan konser tersebut setelah penilaian yang disampaikan oleh Departemen Dalam Negeri (MHA).


"MHA telah menyatakan keprihatinan serius tentang konser tersebut, mengingat sejarah band ini merendahkan agama dan mempromosikan kekerasan, yang berpotensi menyebabkan permusuhan dan mengganggu harmoni sosial Singapura," kata IMDA dalam sebuah pernyataan.

"Karena itu MHA telah meminta IMDA untuk mempertimbangkan membatalkan konser atas alasan ketertiban umum, dan IMDA menyetujui."


Anggota Watain Live belum memberikan respons terkait pembatalan ini.

Singapura sendiri mengontrol ketat media dan kebebasan berpendapat, terutama menyangkut masalah-masalah yang berkaitan dengan ras dan agama, meski larangan semacam ini jarang terjadi.

Sebelumnya, Future Music Festival Asia pada 2015 dibatalkan oleh pemerintah Singapura pada karena kekhawatiran akan penggunaan narkoba.

Perdagangan narkoba dapat dihukum mati di Singapura.

[Gambas:Video CNN] (stu)