Film Baru Jordan Peele 'Us' Tayang Perdana di SXSW

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 10/03/2019 09:30 WIB
Film Baru Jordan Peele 'Us' Tayang Perdana di SXSW Sutradara 'Get Out' Jordan Peele siap dengan film baru, 'Us.' (dok. Universal Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seperti Get Out, film terbaru Jordan Peele yang berjudul Us juga tak hanya menakutkan.

Tayang perdana di festival musik, film, budaya dan teknologi South by Southwest (SXSW) Jumat (8/3) malam, film itu juga membuat terpana penonton karena pesan yang diusung.

Masih dimainkan dan bertemakan kulit hitam, film itu juga mengusung pesan sosial politik.


Awalnya, mengutip The Hollywood Reporter, Peele membuka filmnya dengan candaan.


"Bagaimana jika [ternyata] saya hanya mempertontonkan empat episode This Is Us [serial komedi AS], tanpa penjelasan?" ia berseloroh. Penonton tertawa, karena mereka tahu Peele bukan 'tipe' sutradara komedi. Benar saja, filmnya se-mencekam Get Out.

Bedanya, Us masih lebih banyak tawa dibanding film yang dibintangi Daniel Kaaluya itu.

Kritikus The Hollywood Reporter lantas menilainya, "film yang sangat menakutkan dengan pesan yang bisa diperdebatkan."

Ditanya soal apa sebenarnya pesan yang ingin ia sampaikan, Peele justru menolak menjawab. Ia mengaku punya pesan khusus, namun lebih ingin melihat orang mendiskusikannya.


"Hal favorit saya adalah ide bahwa orang-orang akan meninggalkan [bioskop] dan siap berbincang dengan siapa pun," ujarnya, yang ingin filmnya punya makna personal bagi masing-masing penonton. Namun Peele memberi bocoran, filmnya adalah tentang Amerika.

"Ketika saya memutuskan menulis film ini, saya tersadar dengan fakta bahwa kita ada pada waktu di mana kita saling ketakutan terhadap sesama, entah itu penyusup misterius yang kita pikir akan membunuh atau mengambil pekerjaan kita, atau fraksi bahwa kita tidak hidup dekat dengan mereka yang memilih jalan hidup yang berbeda dengan kita," ia memaparkan.

Kata Peele lagi, saat ini semua orang saling menunjuk.

"Dan saya ingin menyarankan bahwa mungkin monster yang perlu kita lihat adalah wajah kita sendiri. Mungkin yang jahat adalah kita sendiri," tuturnya lebih lanjut.

[Gambas:Youtube]

Us cukup menarik perhatian setelah Get Out tak disangka-sangat sukses. Tiket menonton penayangan perdananya bahkan dibeli oleh selebriti seperti Jeffrey Katzenberg, Marti Noxon, Shia LaBeouf, Nick Kroll, dan Ike Barinholtz.

Us sendiri dibintangi Lupita Nyong'o yang pernah memenangi Oscar berkat 12 Years of Slave.

Nyong'o mengaku bekerja bersama Peele sangat mengejutkan sekaligus menakutkan.

"[Menonton] Get Out saya merasa seperti, 'Ya Tuhan! Dia sangat cerdas dan dia pintar sekali bercerita.' Berpikir bahwa saya akan bekerja sama dengannya, saya bahkan tidak bisa memikirkan itu," ujar Nyong'o seperti dikutip dari The Hollywood Reporter. (rsa)