Video Dugaan Pelecehan Seksual R Kelly Terungkap

Tim, CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 10:40 WIB
Video Dugaan Pelecehan Seksual R Kelly Terungkap Seorang pria mengaku menemukan sebuah video yang dikira berisi konser R Kelly. Ternyata, isinya adegan pelecehan seksual musisi itu kepada gadis di bawah umur. (REUTERS/Andrea De Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria bernama Gary Dennis mengaku menemukan sebuah video lama yang berisi rekaman aksi musisi R&B R Kelly melakukan pelecehan seksual kepada sejumlah gadis.

Pria tersebut menyebut awalnya ia yang tengah membersihkan tumpukan koleksi video lawas mengira rekaman itu adalah konser R Kelly. Namun ia tak menyangka isinya merupakan aksi bejat pelantun I Believe I Can Fly itu.

Pengacara Dennis, Gloria Allred mengatakan kliennya kemudian menyerahkan rekaman tersebut ke penegak hukum. Dia dan Dennis tidak mau menyebutkan secara rinci isi dari video tersebut dalam sesi jumpa media di New York, Minggu (10/3) waktu setempat.


Akan tetapi, Allred mengatakan aksi Kelly dalam video tersebut berbeda dari 10 tuduhan pelecehan seksual yang dibebankan kepada penyanyi tersebut sebelumnya. Meski begitu, Allred mengaku amat yakin bahwa pria dalam rekaman video tersebut adalah R Kelly.


Anggapan Allred tersebut pun dibantah oleh kuasa hukum R Kelly, Steve Greenberg yang menyebut keyakinan itu tak berdasar.

"Keraguan di sini sudah jelas, dengan melaporkan bahwa lelaki dalam rekaman tersebut agak, agak mirip dengan R Kelly," kata Greenberg dalam pernyataanya melalui surel, dikutip dari Associated Press.

"Hal itu tak berarti lantas membuktikan [pria] itu adalah dirinya [R Kelly]. Bukan dia," lanjutnya.

Greenberg juga menyebut Kelly sudah membantah bahwa dirinya adalah pria yang melecehkan perempuan di bawah umur tersebut.

"Jelas kini bahwa ini tuduhan baru bagi R Kelly," kata Greenberg.

Dennis yang merupakan asisten sebuah panti jompo mengatakan dirinya tengah membersihkan sebuah kotak yang berisi beragam video tape VHS di rumahnya yang baru di Pennsylvania ketika ia menemukan video itu. Video itu berlabelkan nama Kelly.


Dennis mengatakan dia belum pernah bertemu Kelly dan tidak tahu mengapa rekaman tersebut ada dalam kepemilikannya. Dia mengatakan bahwa karena video itu juga memiliki gim olahraga, ia yakin benda itu berasal dari seorang teman.

"Kaget dan terkejut, R Kelly muncul dalam rekaman itu, namun bukan dalam sebuah konser," kata Dennis. "Justru dia melakukan pelecehan seksual terhadap gadis Afrika-Amerika di bawah umur,"

"Saya jijik dan takut ketika melihatnya," lanjut Dennis.

Allred mengatakan mereka menganggap bahwa gadis dalam video tersebut di bawah umur karena tubuhnya belum menunjukkan tanda-tanda kematangan fisik.

Tuduhan ini menambah panjang skandal pelecehan seksual R Kelly yang telah berdekade terus terlibat dalam topik ini, baik pelecehan terhadap wanita maupun gadis belia. (end)