Iwa K Ingatkan untuk Hargai Ragam Indonesia dalam 'Beda'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 22:51 WIB
Iwa K Ingatkan untuk Hargai Ragam Indonesia dalam 'Beda' Iwa K melepas video musik terbaru berjudul 'Beda' yang membicarakan keragaman Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Iwa K kembali mengemban misi berkonsep nasionalis. Setelah di akhir 2018 lalu ia melepas single 'Indonesian With Attitude' dengan video musik yang jelas menggambarkan maksudnya, kini ia merilis 'Beda'.

Dalam lagu ini, Iwa mengajak serta Mario Zwinkle, rapper yang dikenal sebagai roaster Hellhouse. Mempublikasikan bentuk visual 'Beda' di akun YouTube, Iwa bertutur tentang sejarah Indonesia dengan gayanya sendiri.

Di awal video, terlihat peta Indonesia, disusul masyarakat umum dari berbagai latar belakang mulai anak sekolah, penjaga warung sampai aktor dan musisi berbicara tentang perbedaan.


Selama intro, terdengar pula narasi suara Soekarno terkait Filsafat Pancasila. "Alangkah banyak macam agama di sini. Alangkah banyak macam aliran pikiran di sini, alangkah banyak macam golongan di sini, alangkah banyak macam suku di sini," ujar Presiden Indonesia pertama itu.


"Bagaimana mempersatukan aliran-aliran, suku-suku, agama-agama, jikalau tidak diberikan satu dasar yang mereka bersama-sama bisa berpijak di atasnya. Dan itulah, Saudara-saudara, Pancasila," kata Soekarno dalam video 'Beda'.

Lagu ini menjadi istimewa tak hanya lantaran dibawakan oleh Iwa selaku rapper veteran yang terus menelurkan karya-karya positif, namun juga lirik dan musikalitas yang memasukkan unsur tradisional serta seksi tiup.

"Beda itu semestinya membuat kita lebih luas lagi, memperluas diri kita. Memperluas pandangan, memperluas pikiran, memperluas hati," kata Iwa dalam dialog yang menjadi potongan adegan video.

Mario hadir melengkapi 'Beda', berbicara tentang keragaman Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan Pulau Rote. Video ini ditutup kembali oleh masyarakat yang menanggapi perbedaan dengan senyum.

Telah melepas 'Indonesian With Attitude' dan 'Beda', belum diketahui jika Iwa akan merilis album terbaru dalam waktu dekat. Album solo terakhirnya edar pada 2002 dengan tajuk 'Vini Vidy Vunky'.

[Gambas:Youtube] (rea)