FOTO: Gereja-gereja Batu di Ethiopia yang Terancam Hilang

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 14/03/2019 10:06 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kontroversi dan beda pendapat melingkari Gereja-gereja di Lalibela, Ethiopia yang telah resmi masuk Warisan Dunia UNESCO sejak 1978 lalu.

Ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 1978, Gereja-gereja di Lalibela, Ethiopia ini memang unik. Di sekitar, juga ada tempat-tempat penampungan. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Gereja-gereja itu dipahat dari batu, terletak di bawah tanah dan dikelilingi oleh parit kering. Akhirnya hanya atap gereja yang tampak. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Nama Lalibela diambil dari nama Raja gebre Mesqel Lalibela, seorang pemimpin abad ke-13 yang menurut cerita setempat, membangun 11 gereja dengan bantuan malaikat setelah mendapat inspirasi untuk membangun Yerusalem Baru. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Namun komposisi bangunan yang terbuat dari batu membuat gereja tersebut rentan terhadap erosi dari hujan lebat Ethiopia. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Para pendeta dan jemaat setempat telah mengeluhkan keberadaan pilar-pilar penyangga yang setelah sekian lama, merusak kapel Trinity. Kapel itu kini ditutup untuk umum, demi keselamatan pribadi. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Warga lokal juga disebut mengkhawatirkan kesehatan di tempat penampungan, meski ada jaminan 10 tahun. Kini, mereka menginginkan restorasi permanen. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Direktur Pelestarian Warisan Budaya di Otoritas untuk Peneltian dan Konservasi Warisan Budaya Ethiopia membantah segala klaim warga itu. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)
Warga lokal berdiri di sebelah Gereja Santo Mercurius yang tertutup penampungan yang terancam erosi. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)