Presiden Korsel Minta Kasus Seungri Dituntaskan

tim, CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 20:37 WIB
Presiden Korsel Minta Kasus Seungri Dituntaskan Secara tak terduga, kasus yang melibatkan Seungri berkembang sangat cepat bagai tentakel. (dok. YG Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berawal dari sebuah artikel eksklusif yang diturunkan oleh SBS funE dengan Seungri 'BIG BANG' sebagai tokoh utama, kisah kemudian menjadi panjang dan menyeret nama-nama tak terduga. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In pun angkat bicara.

Sampai sejauh ini, kasus Seungri tersebut telah menyebabkan penundaan wajib militer, undur dirinya Jung Joon Young, Yong Junhyung, dan Choi Jong Hoon dari dunia hiburan, dan pemeriksaan selama berpuluh jam oleh pihak kepolisian, sebelum akhirnya Seungri dan Joon Young ditetapkan sebagai tersangka.

Dari prostitusi, transaksi narkoba, sampai dugaan kasus suap, industri hiburan Korsel amat terguncang di awa 2019 ini. Padahal, di saat bersamaan, mereka pun sedang bersinar di benua lain seperti halnya BTS dan BLACKPINK.


Demikian parahnya kondisi tersebut, Presiden Korea Selatan Moon Jain meminta siapapun yang berkaitan dengan kasus ini harus ditindaklanjuti dengan seadil-adilnya, apalagi ada aparat yang terlibat.


"Ada kasus-kasus yang menunjukkan kecurigaan yang amat kuat bagi warga, tetapi kebenaran belum diketahui, dan bahkan ada [kebenaran] yang disembunyikan," kata Moon Jae-in, dikutip dari Soompi.

Moon Jain mengakui adanya fakta bahwa ada kasus-kasus yang diistimewakan, serta kecurigaan bahwa organisasi investigasi seperti Kejaksaan dan Kepolisian dengan sengaja melakukan penyelidikan ala kadarnya demi melindungi tersangka dan menutupi kebenaran.

"Kasus-kasus tersebut mungkin memang terjadi di masa lalu, tetapi perlu diingat bahwa kebenaran dan fakta sekalipun memalukan adalah misi tanggung jawab para aparat," katanya lagi.

Presiden juga menyinggung terkait kasus-kasus tentang kelab-kelab di Distrik Gangnam. Dirinya memerintahkan penyelidikan menyeluruh terhadap pemilik klub yang diduga menggunakan metode ilegal, termasuk memberi narkoba dan pendampingan seksual kepada pelanggan.

Presiden Korsel Minta Kasus Seungri DituntaskanPresiden Korsel Moon Jae-in memerintahkan penyelidikan menyeluruh terhadap kasus dunia showbiz ini. (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)

Moon Jae-in mengiyakan kasus serupa terjadi di pemerintahan lalu, dan tidak menutup kemungkinan di masa sekarang. Karenanya, ia menuntut penyelidikan menyeluruh terhadap siapapun yang terkait dengan permasalahan tanpa memandang kedudukan sosial.

"Orang-orang kuat dengan koneksi kuat mampu menyembunyikan kebenaran dan tetap bebas berkegiatan ilegal, sementara warga tak berdaya harus menjadi korban," ujar Moon Jae-in.

"Saya meminta Menteri Kehakiman dan Menteri Keamanan Nasional bertanggung jawab untuk mengungkap kebenaran dan mengklarifikasi dari setiap kecurigaan yang timbul dari berbagai kasus," katanya.

"Poin utama adalah mendapatkan kebenaran nyata di balik kasus dan berbagai kecurigaan perlakuan khusus yang diberikan oleh organisasi investigasi seperti polisi dan Layanan Pajak Nasional," lanjut Moon Jae-in.

[Gambas:Video CNN] (rea)