Dukung Seungri, Fans Indonesia Dihujat Netizen Sampai Korea

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 09:12 WIB
Dukung Seungri, Fans Indonesia Dihujat Netizen Sampai Korea Seungri dipastikan menjadi tersangka kasus wanita panggilan. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Jakarta, CNN Indonesia --
Sejumlah penggemar Seungri dan BIGBANG, atau dikenal dengan sebutan VIP, berkumpul di tempat yang seharusnya menjadi lokasi konser penyanyi asal Korea Selatan itu pada akhir pekan kemarin, Minggu (17/3). Mereka menyatakan dukungan untuk sang idola yang saat ini menjadi tersangka kasus penyedia wanita panggilan.

Seungri semula memang dijadwalkan tampil di Live Space SCBD, Jakarta sebelum ia mulai wajib militer akhir bulan ini. Namun, konser itu dibatalkan setelah Seungri terlibat dalam skandal prostitusi dan pengedaran narkoba di kelab Burning Sun, di mana ia tercatat sebagai salah satu pemiliknya. Saat itu, penyanyi berusia 28 tahun tersebut mengatakan ingin berlaku kooperatif selama jalannya penyelidikan.


"Ini luar biasa. Para VIP Indonesia berkumpul di tempat seharusnya Seungri menggelar konser," tulis pemilik akun @MZmariam07 membagikan potret kebersamaan penggemar.

Aksi tersebut lantas langsung menuai ragam reaksi dari warganet di Indonesia hingga Korea Selatan. Beberapa di antaranya ada yang menghujat karena menganggap tindakan penggemar Seungri di Indonesia seolah menutup mata atas kasus yang sedang dijalani idolanya.


"Kalian mendukung pelaku kriminal yang menjual wanita, menaruh obat pada mereka untuk seks dan uang. Tentu itu saya tak akan bisa seperti itu [memberi dukungan]," tulis salah seorang netizen.

"Dan sebelum kau menjawab bahwa "dia tidak melakukan apa-apa", polisi telah menemukan bukti. Dan dia juga bersalah. Jika polisi tidak membocorkannya, mereka mungkin masih melakukannya dan hanya menerima kenyataan bahwa oppa [sebutan untuk pria lebih tua di Korea] kalian tidak bersalah. Keadilan untuk para korban, bukan untuk pelaku kriminal," tambahnya.


"Sangat memalukan melihat sekelompok wanita secara terbuka mendukung pelaku kriminal! Dan memalukan untuk melihat kalian semua berada di luar tempat konser mendukungnya, ketika dia pernah menertawakan para korban perempuan di belakang panggung saat konser. Jika kamu akan melakukan ini, setidaknya jangan diunggah secara online," tambah lainnya.

"Saya tahu sulit untuk VIPs. Tetapi teman-teman, dukunglah empat anggota Bigbang, bukan Seungri. Tentu Bigbang adalah grup yang luar biasa, tapi tanpa kriminal itu akan lebih baik. Tolong mengerti bahwa dia melakukan hal yang menyakitkan," tulis @elise_dbs_.


Tak sedikit di antara mereka pun membagikan sejumlah respons dari sebagian netizen Korea Selatan melihat aksi para penggemar Seungri di Indoenesia.
Namun tak sedikit pula yang justru memuji tindakan VIP Indonesia.

"Saya harap Seungri akan melihat foto ini," tulis @arjela_gega.
"Saya juga... tapi di waktu seperti ini, waktu yang terbaik untuknya menjauhi media sosial. Tapi saya berharap bahwa dia setidaknya mengetahui ada orang yang memercayainya," tambah lainnya.


"Saya mencintai keluarga ini. Saya tahu ini bukan sesuatu yang mudah untuk membuat kita menghadapi situasi ini. Namun kita bisa mendukung satu sama lain, tetap kuat VIPs," tulis pemilik akun Shei.
Dalam kasusnya, Seungri dituduh menyediakan wanita panggilan untuk mitra bisnisnya, termasuk di Indonesia. Selain itu, ia juga dikonfirmasi terlibat dalam grup obrolan, di mana bintang TV Jung Joon Young membagikan video seksnya secara ilegal.

Belakangan, ia juga dituduh bersekongkol dengan kepolisian di sekitar lokasi kelab miliknya di Gangnam untuk menutupi tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Pada akhirnya, kasus Seungri dilimpahkan untuk diproses secara hukum melalui kepolisian Seoul.
(rea)