Netflix Coba Lagi Film Interaktif seperti 'Bandersnatch'

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 15:34 WIB
Netflix Coba Lagi Film Interaktif seperti 'Bandersnatch' 'Bandersnatch' adalah film interaktif pertama yang tayang di Netflix. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netflix akan membuka pintu lebih lebar untuk tayangan interaktif seperti yang pertama mereka lakukan dengan Bandersnatch.

Selanjutnya, penonton tak hanya bisa memilih sereal mana yang akan dimakan tokoh untuk sarapan. Dalam pengembangannya mendatang, penonton juga mungkin memilih kencan, bahkan cara paling aman untuk melarikan diri dari pembunuh.

Netflix terbuka untuk mencoba berbagai genre, termasuk komedi, horor dan romansa.



Rencana itu disampaikan oleh wakil presiden Netflix Todd Yellin, dikutip dari Reuters.

"Mengapa kau tak bisa punya film romantis yang kau bisa memilih dengan siapa dia [tokohnya] berkencan? Atau film horor. Apakah kau harus jalan melalui pintu itu, atau haruskah kau memecahkan dan keluar dari jendela? Kalian bisa memilih," ujarnya.

Penonton pernah mencoba pengalaman itu lewat film pertama Black Mirror, Bandersnatch yang dirilis Netflix akhir tahun lalu. Penonton diberi kesempatan untuk memilih mulai dari sereal apa yang akan dimakan untuk sarapan, sampai apakah tokoh utamanya memilih pekerjaan atau tidak, serta apakah ia akan mengakhiri hidup ayahnya sendiri atau tidak.

[Gambas:Youtube]

Pengalaman itu menjadi viral beberapa waktu lalu.

"Ketika penonton bisa memilih cerita, mereka merasa sangat bersama karakternya. Kau merasa lebih merasakan apa yang mereka [tokoh] rasakan. Kau memilih untuk mereka," kata Yellin.

Ia pun ingin mencoba pengalaman itu untuk cerita-cerita lain dengan pilihan yang lebih membingungkan serta lebih menentukan nasib tokohnya. Ia memikirkan horor dan romansa.
"[Dalam film horor], situasinya selalu soal hidup dan mati. Dan dalam film romansa, rasa emosionalnya tinggi," kata Yellin, menjelaskan alasannya memilih dua genre itu.

Meski begitu, belum jelas kapan rencana ini akan diimplimentasikan dan untuk film apa. (rsa)