Ulasan Film: 'Us'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 17:04 WIB
Ulasan Film: 'Us' 'Us' menyuguhkan thriller penuh detail namun tetap disisipi komedi. (dok. Universal Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Jordan Peele kembali menyuguhkan film thriller terbaru usai sukses dengan Get Out yang berhasil mendapat piala Oscar untuk Naskah Asli Terbaik.

Bila dalam Get Out Peele secara tersirat membawa isu rasialisme, kini dalam film terbaru yang diberi judul Us ia lebih menyoroti kehidupan sebuah keluarga. Namun tetap, seluruh pemain utamanya berkulit hitam, yang seakan menjadi pernyataan tegas dari Peele.

Kisah Us berpusat pada kehidupan Adelaide Wilson (diperankan Lupita Nyong'o) saat kembali ke rumah masa kecilnya yang terletak di tepi pantai bersama sang suami Gabe Wilson(Winston Duke) serta dua anaknya Zora (Shahadi Wright Joseph) dan Jason (Evan Alex).



Film ini dibuka dengan sebuah narasi dan latar 1986, saat Adelaide kecil pergi ke sebuah taman hiburan bersama orang tuanya. Saat itu ia terjebak dalam sebuah wahana yang membuatnya trauma. Pengalaman itu menghantuinya saat harus kembali ke rumah tersebut.

Adelaide terus merasa khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada keluarganya.

Ketakutan terburuknya menjadi kenyataan ketika empat orang asing datang ke rumahnya, memaksa keluarga Wilsons berjuang untuk bertahan hidup. Yang mengejutkan, empat orang itu ternyata berpenampilan seperti mereka. Ada ayah, ibu, dan dua orang anak.

Salah satu adegan fim 'Us' Jordan Peele.Salah satu adegan fim 'Us' Jordan Peele. (dok. Universal Pictures)
Tak seperti Get Out yang seakan penuh pesan, kali ini Peele menyuguhkan alur cerita yang sebenarnya sederhana. Tapi kala filmnya selesai, Peele berhasil membuat penonton sulit beranjak dengan tenang dari kursi bioskop. Ia meninggalkan beberapa pertanyaan yang membuat rasa penasaran. Saya sendiri masih ingin menontonnya ulang usai yang pertama.

Sejak film dimulai, bersiaplah, penonton perlu memperhatikan detail demi detail dengan saksama demi mendapat keutuhan cerita. Sekecil apa pun itu. Sekali pun hanya iklan di TV.

Selama film berjalan, Peele berhasil membangkitkan ketegangan serta rasa takut. Musik hingga score-nya dibuat mendukung sehingga suasana tetap menegangkan. Menariknya, di sela-sela itu Peele tetap membalutnya dengan suguhan komedi.


Itu membuat penonton tidak merasa bosan dan terus-terusan tegang.

Hanya saja, pada beberapa aspek, ada bagian-bagian yang tak masuk akal dan mudah ditebak. Salah satunya momen terkait trauma masa lalu Adelaide yang tak diketahui sang suami.

Meski begitu, akting Lupita Nyong'O tetap patut diacungi jempol. Ia berhasil memerankan dua karakter yang bertolak belakang. Tak heran ia pernah membawa pulang Piala Oscar.

[Gambas:Youtube]

Secara garis besar, Us layak ditonton, khususnya bagi pecinta film bergenre thriller. Bukan hanya dibuat larut dengan ketegangan yang cukup intens, penonton juga dibuat berpikir dan terus ingin membahasnya. Bahkan mungkin, membuat ingin menontonnya lagi.

Seperti saya. (agn/rsa)