Durasi Film Panjang, Menonton di India Ada Jeda untuk Makan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 12:16 WIB
Durasi Film Panjang, Menonton di India Ada Jeda untuk Makan Bioskop di India punya waktu jeda di tengah film. (AFP PHOTO / DOMINIQUE FAGET)
Jakarta, CNN Indonesia -- Avengers: Endgame disebut-sebut sebagai film terlama Marvel. Durasinya mencapai tiga jam dua menit. Penonton harus siap dengan 'bekal' untuk menonton selama itu di bioskop.

Namun film berdurasi panjang, bahkan lebih lama dari Avengers: Endgame, sudah biasa bagi warga India. Film Bollywood yang tayang di bioskop durasinya bisa melebihi empat jam.

Karena itu di tengah film, biasanya akan ada jeda sekitar 10 hingga 20 menit. Uniknya, film biasanya dihentikan begitu saja tanpa peduli sedang 'kentang.'



Selama jeda itu, penonton boleh ke toilet bahkan makan. Tak tanggung-tanggung, penonton bahkan ada yang benar-benar membawa makan siang dan menyantapnya di dalam bioskop.

Penjual makanan juga boleh masuk ke dalam bioskop untuk menjajakan dagangannya.

'Kehebohan' memang biasa terjadi di dalam bioskop India. Tak seperti di Indonesia yang penonton harus duduk tenang bahkan cahaya ponsel yang menyilaukan saja bisa diprotes, di India mereka bebas mengekspresikan diri saat menonton film-yang biasanya juga heboh.


Jika ada yang menari, mereka ikut menari. Ada yang menyanyi, ikut menyanyi.

Penonton bahkan heboh bersiul atau berkomentar terhadap film yang diputar.

Entah bagaimana kelak saat Avengers: Endgame yang berdurasi tiga jam tayang di India. Film Barat yang tayang di India biasanya juga terkena jeda 'paksa' di tengah-tengahnya. (rsa)