Maudy Ayunda Didapuk Perankan Ainun di 'Habibie & Ainun 3'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 18:10 WIB
Maudy Ayunda Didapuk Perankan Ainun di 'Habibie & Ainun 3' Maudy Ayunda memainkan Ainun di 'Habibie & Ainun 3'. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Habibie & Ainun tak selesai hanya sampai kedua. MD Pictures kembali menggarap sekuelnya, Habibie & Ainun 3. Kalau Habibie & Ainun 2 alias Rudy Habibie bercerita soal masa-masa kuliah Habibie di luar negeri, Habibie & Ainun 3 kali ini akan mengisahkan masa remaja Ainun.

Waktunya berlatar saat Ainun masih berusia 17 hingga 20 tahun.

Dikisahkan Manoj Punjabi, produser MD Pictures di Jakarta, Kamis (4/4) ide pembuatan film itu muncul sejak Mei 2017. Namun tim membutuhkan waktu yang lama untuk membuat naskah karena sibuk mencari sudut cerita paling menarik dari kehidupan Ainun.



"Untuk dapat tiga lembar saja butuh enam bulan lebih. Sampai akhirnya dapat cerita yang 'sreg' dan menarik," ujar Manoj menceritakan proses pembuatan naskah.

Itu tak langsung masuk tim produksi. Naskah masih harus diserahkan ke BJ Habibie, jika ada tambahan atau perbaikan fakta, mengingat film diangkat dari kisah nyata.

Pemain-pemain lama kemungkinan tidak kembali dalam Habibie & Ainun 3. Ainun yang sebelumnya dimainkan Bunga Citra Lestari saja, kini diperankan oleh aktris Maudy Ayunda.


Sosok yang baru-baru ini membuat 'iri' netizen karena diterima di dua kampus bergengsi dunia itu mengaku mengikuti Habibie & Ainun pertama yang dirilis 2012 sampai Rudy Habibie (2016). Maka ia pun sedikit tak percaya sekarang bisa memerankan Ainun.

"Aku enggak pernah terpikirkan akan mainkan sosok ibu Ainun. Dulu nonton pertama dan kedua nangis karena terbawa kisah cinta," ungkap Maudy dalam kesempatan yang sama.

Digantinya pemeran Ainun dari BCL ke Maudy, disebut sudah melalui persetujuan Habibie. Ia pun berharap aktingnya tidak mengecewakan Habibie maupun almarhumah Ainun.

Mantan presiden RI yang juga hadir dalam konferensi pers soal film itu, mengaku mengumpulkan berbagai masukan tentang Maudy. Ia ingat, sutradara Hanung Bramantyo yang akan mengarahkan film ini pernah menyarankannya memilih Maudy untuk memerankan Ainun.

Ia mendapat masukan dari cucuknya yang satu Sekolah Menengah Atas dengan Maudy. Selain itu, Habibie mendapat masukan dari salah satu dokter yang dekat dengannya. Dokter itu mengatakan bahwa Maudy memiliki intelektual yang bagus seperti Ainun.

"Setelah mengumpulkan banyak informasi dan melihat di Perahu Kertas, oke. Saya akan berikan informasi soal Ainun [kepada Maudy], sebelumnya saja juga memberikan informasi kepada Bunga Citra Lestari," kata Habibie dalam konferensi pers itu.

[Gambas:Video CNN]

Sayangnya, Manoj masih merahasiakan pemeran karakter Habibie. Sebelumnya itu dimainkan Reza Rahadian. Yang jelas, kata Manoj, ia tengah mempersiapkan sesuatu yang berbeda.

Ia berjanji akan mengabarkan itu dalam dua sampai tiga pekan ke depan.

Habibie & Ainun 3 akan memasuki proses syuting. Ia dijadwalkan rilis 19 Desember 2019. (adp/rsa)