Maudy Koesnaedi Petik Nilai Kesetiaan dari Peran Biarawati

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 07:48 WIB
Maudy Koesnaedi Petik Nilai Kesetiaan dari Peran Biarawati Ada banyak hal yang diambil Maudy Koesnaedi saat memerankan sosok biarawati dalam 'Ave Maryam', salah satunya berjanji setia. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Maudy Koesnaedi berbagi pengalaman memerankan karakter seorang biarawati dalam film garapan Ertanto Robby, Ave Maryam. Baginya, hal itu merupakan kesempatan besar untuk ia bisa mengeksplorasi lebih dalam bakat berakting.

"Memerankan karakter suster, buat saya benar-benar berbeda dari kehidupan sehari-hari seorang Maudy dan karakter lain yang pernah saya mainkan. Semua baru dan mulai dari nol banget," katanya saat ditemui di acara gala premiere Ave Maryam di XXI Epicentrum Kuningan, Kamis (4/4).

Lebih lanjut, ia pun menuturkan tentang berbagai hal baru yang dipelajari demi mendapatkan jiwa dari karakter itu.


Dalam film ini, Maudy memainkan peran sebagai Suster Maryam, biarawati yang bertugas mengurusi para suster-suster sepuh.


Ia diceritakan menghadapi situasi sulit, kala dirinya terlibat pada sebuah cinta terlarang dengan seorang pastur bernama Romo Yosef (diperankan Chicco Jerikho).

Maryam pun terjebak dalam dua pilihan, bertahan pada kaul alias janjinya atau memilih Yosef.

"Saya belajar pakai bajunya seperti apa, duduknya seperti apa. Saya jalani satu persatu. Ngobrol dengan suster sepuh, apa keputusannya [menjadi biarawati], latar belakangnya, menjaga kesetiaan kaulnya, bagaimana kalau dihadapkan pada situasi itu, ada teman curhat enggak," tuturnya.

"Saya lakukan observasi. Emosi yang diinginkan seperti apa. Dan ketika bermain dengan hati dan jujur, entah kenapa saya merasa semuanya terbantu," tambah Maudy.


Di sisi lain, selama terlibat dalam produksi film yang digarap pada 2016, ia juga mengaku dapat memetik berbagai nilai kehidupan dari sosok biarawati yang ia perankan.

"Yang paling dalam itu, kesetiaannya. Bagaimana berpegang pada janji setia dalam keluarga ataupun sebagai suster. Kemudian bagaimana mereka berkorban untuk orang lain, bukan buat dia. Mereka kan seumur hidupnya melayani saja, apa pun bagaimana tugasnya. Luar biasa sih," katanya.

Selain Maudy dan Chicco, film ini akan turut dibintangi oleh Olga Lidya, Joko Anwar, Nathania, dan Febby. Film yang telah diputar di Cape Town Film Festival 2018, Hong Kong Asian Film Festival 2018, serta Jogja-NETPAC 2018 dijadwalkan tayang pada 11 April mendatang.

[Gambas:Youtube] (agn/end)