Kondisi Mick Jagger Membaik Usai Operasi Katup Jantung

AFP, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 08:02 WIB
Kondisi Mick Jagger Membaik Usai Operasi Katup Jantung Kondisi Mick Jagger semakin membaik usai operasi katup jantung, namun dirinya dituntut beristirahat total hingga dokter menyatakan pulih seutuhnya. (REUTERS/Mike Segar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi legendaris sekaligus vokalis Rolling Stones Mick Jagger mengakui kondisinya semakin membaik setelah dikabarkan menjalani operasi katup jantung di New York dan membuat penggemar khawatir.

Beberapa hari lalu, Rolling Stones mengumumkan menunda tur 'No Filter' bagian Amerika Utara yang mestinya dimulai 20 April ini, agar Jagger bisa memaksimalkan proses pemulihan.

Billboard sebelumnya menyebutkan pada Kamis (4/4) bahwa tim dokter berhasil melakukan tindakan operasi katup aorta transkateter atau melakukan penggantian katup tanpa sayatan.


Keberhasilan prosedur ini memungkinkan musisi 75 tahun tersebut tak harus menjalani operasi besar untuk mengganti katup jantung yang bermasalah.


"Terima kasih semua atas pesan dan dukungannya, saya merasa jauh lebih baik saat ini dan semakin membaik, dan juga terima kasih yang besar untuk pihak rumah sakit dan staf atas pekerjaan super ini," kata Jagger dalam unggahan di Twitter, Sabtu (6/4).

Rocker Inggris tersebut sebelumnya juga telah menghabiskan masa rehat di rumah sakit. Billboard menyebut sumber anonim mengatakan Jagger mesti berbaring selama empat hingga lima hari untuk pulih.

Jagger diminta untuk tidak banyak bergerak agar tidak terjadi pendarahan mengingat tim dokter mengakses katup tersebut melalui arteri femoral di bagian paha.



Seorang perwakilan Mick Jagger mengatakan kepada AFP bahwa musisi tersebut "telah menjalani perawatan dengan berhasil" tanpa merinci lebih lanjut.

"Dia melakukannya dengan sangat baik dan diharapkan segera pulih secara penuh," kata perwakilan Jegger.

Selama akhir pekan pula, Rolling Stones berkicau di Twitter. "Mick telah diberi nasihat oleh dokter bahwa dirinya tidak dapat melakukan tur karena ia membutuhkan perawatan,"


Setelah band tersebut mengumumkan penundaan 17 konser di Amerika Serikat dan Kanada, Mick Jagger berkicau di Twitter bahwa dirinya "kecewa" dan akan "bekerja keras untuk kembali ke atas panggung sesegera mungkin,"

"Saya benci mengecewakan kalian seperti ini," katanya.

Mick Jagger, kini bernama lengkap Sir Michael Philip Jagger, akan memasuki usia 76 di Juli ini. Ia berkarier selama lima dekade lebih dan kerap disebut sebagai salah satu vokalis yang berpengaruh dalam sejarah rock and roll.

Selain bersama The Rolling Stones, Jagger juga punya lima album solo dan satu album bersama supergrup SuperHeavy yang terdiri dari Jagger, Joss Stone, Dave Stewart, A.R.Rahman dan Damian Marley.

[Gambas:Video CNN] (end)