Bintang 'Smallville' Diadili soal Kasus Kultus Seks

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 13:04 WIB
Bintang 'Smallville' Diadili soal Kasus Kultus Seks Allison Mack, bintang 'Smallville' usai pengadilan soal kasus kultus seks yang menjeratnya. (REUTERS/Shannon Stapleton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Allison Mack dinyatakan bersalah dalam kasus kultus seks.

Mengutip AFP, ia disebut merekrut perempuan dalam sebuah kelompok rahasia yang bentuknya seperti kultus. Perempuan-perempuan yang direkrut dijadikan budak seks dan dipaksa berhubungan intim dengan ketua kelompok itu.

Kelompok itu disebut Nxivm. Sementara ketuanya adalah seseorang berusia 58 tahun bernama Keith Raniere. 'Markas' kelompok itu ada di Albany, New York.



Sebelum dicap sebagai budak seks, perempuan-perempuan yang tergabung di dalamnya harus membuat sejumlah foto vulgar. Foto-foto itu kemudian digunakan sebagai ancaman, akan disebar ke publik jika mereka berani meninggalkan kelompoknya.

Budak-budak seks itu pun ditandai. Mereka dicap dengan tato dengan bentuk inisial Keith Rainere. Sementara tubuh mereka dirajah, ada seseorang yang memegangi dan merekamnya.

Selain itu mereka juga dipaksa menjalani diet ketat.


Nxivm punya situs resmi. Diberitakan Reuters, mereka menyebut diri sebagai "komunitas yang menggunakan prinsip-prinsip kemanusiaan sebagai pedoman dan berusaha memberdayakan manusia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting tentang apa arti menjadi manusia."

Namun saat ini laman resmi Nxivm menyatakan perekrutan dan kurikulum serta agenda-agenda mereka semua dibatalkan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Atas kasus itu, Mack pun ditangkap dan ditahan setahun lalu. Ia lantas mengakui bahwa dirinya memeras perempuan-perempuan agar bergabung di kultus seks itu. Dengan demikian, mengutip AFP, Mack bisa menghadapi hukuman hingga 40 tahun penjara.


Dalam pengadilan baru-baru ini, Mack berusaha tidak menangis saat mengungkapkan di hadapan hakim dan juri bahwa dirinya bergabung dengan Nxivm sekitar 10 tahun lalu. Tujuannya saat itu, katanya, adalah menemukan tujuan hidup.

Mack dikenal lewat perannya sebagai teman Clark Kent, Chloe Sullivan dalam serial televisi Smallville. Dengan kasus yang menjeratnya kini, netizen ada yang mengubah fotonya dengan judul 'Smallville' menjadi 'Slaveville,' yang definisi lepasnya 'desa budak.'

Smallville sendiri merupakan serial televisi yang bergulir sejak 2001 sampai 2011, tentang Clark Kent muda dan kehidupannya di desa sebelum menjadi Superman.

[Gambas:Video CNN]

Selain Mack, pesohor lain yang juga disebut dalam kasus itu adalah Clare Bronfman, pewaris 'kerajaan' minuman keras Canadian Seagram. Ia dan saudarinya, mengutip AFP, disebut menyumbang lebih dari US$100 juta untuk Nxivm.

Tahun lalu Emma Watson pernah mengungkapkan dirinya juga diajak masuk dalam komunitas Nxivm.

Raniere sang ketua sendiri sudah ditahan dengan tudingan perdagangan manusia pada Maret 2018, sebulan sebelum Mack ditangkap, dan akan diadili bulan ini juga. (rsa)