Raline Shah Frustrasi Pegang Senjata Glock 17 dan M4

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 10:37 WIB
Raline Shah Frustrasi Pegang Senjata Glock 17 dan M4 Raline Shah saat peluncuran 'Police Evo' di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (10/4). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Raline Shah mengaku sempat frustrasi saat mendalami karakter sebagai seorang polisi yang piawai bersenjata dalam film 'Police Evo' yang dijadwalkan tayang pertengahan April ini. Menurutnya, ia sempat menganggap remeh cara menggunakan senjata karena merasa punya pengalaman berburu dengan ayahnya di masa kecil.

Namun, anggapan Raline berubah setelah menjalani ragam latihan persiapan untuk film yang diproduksi pada dua tahun silam di Malaysia.

"Awalnya saya pikir 'kacang' [mudah] lah. Saya dari kecil main senjata dengan ayah saya, kami berburu dan sebagainya. Tapi ternyata ini beda banget karena harus terlihat keahlian yang memang sudah terbiasa, benar, dan profesional," katanya, dijumpai di kawasan Senayan, Rabu (10/4).


Ia pun kemudian memaparkan bagaimana dirinya mempelajari senjata mulai dari memahami teori hingga taktik menggunakan.


"Latihan senapannya pakai glock 17 dan M4. Selama seminggu pertama itu teori dulu, setelah itu baru dikasih senapan yang beneran dan belajar reloading sama megangnya. Sudah itu belajar reloading dengan mata tertutup sampai terakhir menembakkan ke target. Dan untuk latihan target itu sampai satu bulan," paparnya.

Proses itu berlanjut ke tahap ia harus bisa membidik target tanpa terus mengedipkan mata. Saat berhasil, baru ia diajari masalah taktik, bagaimana menggunakan senjata tapi sambil bekerja dengan segerombolan anggota lain.

"Bagaimana kalau bergerak, mengambil senjata milik [pemeran] polisi yang ceritanya mati, kemudian kalau masuk teritori baru," tuturnya.

"Prosesnya panjang dan sulit. Setiap hari [selama] dua-tiga jam, melakukan hal yang sama. Dan dari itu saya mengerti [makna] 'bisa karena biasa.' Sempat lumayan frustrasi sama diri sendiri karena kelihatannya mudah banget tapi ternyata untuk dapatkan 'yang mudah banget' itu sangat susah," tambah Raline.


Film 'Police Eco' menceritakan usaha Rian (diperankan Raline) dan rekan-rekan polisinya untuk menuntaskan misi memberantas jaringan narkoba. Namun usaha tersebut tak mudah. Kelompok mafia yang diincar berubah menjadi kelompok ekstremis yang menyandera ratusan penduduk.

Selain Raline, sejumlah pemain yang turut membintangi 'Police Evo' di antaranya Tanta Ginting, Mike Lucock, Shaheizy Sam, Zizan Razak, dan Hasnul Rahmat. Film ini dijadwalkan tayang pada 18 April mendatang.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)