HBO Bantah Tarik Film Dokumenter 'Leaving Neverland'

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 03:25 WIB
HBO Bantah Tarik Film Dokumenter 'Leaving Neverland' Michael Jackson tetap menciptakan sensasi 10 tahun setelah meninggal. (REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- HBO telah membantah kabar yang menyebutkan mereka menarik dokumentasi sensasional tentang Raja Pop Michael Jackson, 'Leaving Neverland'.

Disutradarai oleh Dan Reed, 'Leaving Neverland' terfokus pada testimoni Wade Robson, 36, dan James Safechuck, 41, yang mengklaim bahwa Jackson melakukan pelecehan seksual pada mereka kala anak-anak. Jackson sendiri selalu menyangkal tuduhan itu sampai dengan meninggalnya pada 2009.

Di awal minggu ini, rumor mulai berhembus menyatakan jaringan televisi AS tersebut menghapus dokumenter yang terdiri dari dua episode itu dari daftar jadwal tayang. Ada pula yang menyebutkan 'Leaving Neverland' sebenarnya direncanakan tayang sampai bulan September, tetapi sekarang terdaftar hanya sampai 17 April.


Berkebalikan dengan rumor tersebut, HBO menyatakan mereka tak punya rencana menarik dokumenter yang mengundang kontroversi itu.


"'Leaving Neverland' tetap tersedia di HBO hingga 16 April dan berkesinambung di HBO NOW dan HBO GO. Sekarang, film itu menjadi dokumenter paling banyak ditonton kedua di HBO dalam 10 tahun, meraih 7,5 juta penonton dari bagian pertama saja," kata perwakilan HBO, dilansir dari NME.

HBO sendiri diketahui menayangkan dokumenter ini pada 3 dan 4 Maret lalu. Setelah 'Leaving Neverland', mereka menayangkan 'Oprah Winfrey Presents: After Neverland' yang direkam pada 2 Maret 2019, di mana Oprah Winfrey berbincang dengan sang sutradara dan kedua pria yang mengklaim jadi korban.

'Leaving Neverland' menjadi topik panas sejak awal kehadirannya. Jackson sendiri dituduh melakukan pelecehan seksual pertama kali pada 1993, terhadap bocah umur 13 tahun bernama Jordan Chandler. Sejak saat itu, mendiang tersandung masalah yang sama sampai lima kali.

Geger pelecehan ini pun telah ditanggapi pihak keluarga Jackson, yang juga mati-matian menentang. Janet Jackson, adik Michael yang juga seorang penyanyi, bahkan menolak tampil dalam acara penghargaan Rock & Roll Hall of Fame pada awal bulan ini.

Hal itu dilakukan sang adik sebagai bentuk protes terhadap HBO, yang terlibat secara langsung dalam Rock Hall. Janet tetap datang dan memberi pidato saat penerimaan, namun ia tak mengeluarkan pernyataan apapun terkait 'Leaving Neverland'.

[Gambas:Video CNN] (rea)